Pilwali 2020, KPU Samarinda Tetapkan DPT 576.981 Pemilih

Firman : Yang Belum Terakomodir Masuk DPTb

0 124
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda 2020, yang dan dihadiri seluruh Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), dan LO dari 3 pasangan calon, di Hotel Aston Samarinda, Rabu (14/10/2020)

Dalam Rapat Pleno tersebut KPU Samarinda menetapkan sebanyak 576.981 Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Kota Samarinda, yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang. Sedangkan untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 1.963 TPS yang tersebar di 10 kecamatan di Kota Samarinda.

Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat menjelaskan, DPT akan dipakai sebagai dasar untuk pengadaan logistik. Karena jumlah surat suara akan dicetak sesuai DPT dan akan dilakukan penambahan sekitar 2,5 persen di tiap-tiap TPS.

Lebih lanjut Firman menjelaskan, dengan adanya penetapan DPT tersebut bukan berarti pemilih yang belum terdaftar tidak dapat memilih, mereka akan tetap diakomodir untuk dimasukkan menjadi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“DPT akan dipakai untuk dasar pengadaan logistik pemilihan, karena surat suara akan dicetak berdasarkan jumlah DPT ditambahkan 2,5 persen di setiap TPS. Jika ada warga yang belum terdaftar, kita masukkan menjadi daftar pemilih tambahan. Itu diakomodir di 2,5 persen surat suara cadangan di TPS. Mudah-mudahan DPT yang telah ditetapkan ini sudah maksimal bisa mengakomodir semua pemilih di Samarinda termasuk pemilih di tahanan Lapas dan Rutan,” ujar Firman.

Firman berharap kepada seluruh masyarakat Samarinda agar ikut berpartisipasi untuk mensukseskan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda dengan datang ke TPS pada 9 Desember mendatang. Menurutnya, masyarakat tidak perlu khawatir karena KPU akan membangun TPS sesuai protokol kesehatan Covid-19.

“Jangan khawatir kami akan tetap membangun TPS sesuai protokol kesehatan Covid-19. Besar harapan kami 9 Desember nantinya akan melebihi prosentase dari Pilkada sebelumnya,” jelasnya.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda akan diikuti oleh 3 pasangan calon, nomor urut 1 Muhammad Barkati dan Darlis Pattalongi, nomor urut 2 Andi Harun dan Rusmadi Wongso, sedangkan Nomor urut 3 Zairin Zain dan Sarwono. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!