Soal PADes, 2 Kades Kecamatan Sepaku Angkat Bicara

0 108

DETAKKaltim.Com, PPU : Ahmad Mauladin, Kepala Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kalimantan Timur,  mengatakan untuk  anggaran 2018 ini Pemerintahan Desa masih fokus pada pembangunan infrastruktur, salah satunya peningkatan jalan pemukiman dan jalan  usaha tani.

“Saya masih melanjutkan program pelaksana jabatan Kades sebelumnya. Semenjak dilantik menjadi Kepala Desa tahun ini, Pemerintah Desa masih melaksanan program pelaksana jabatan Kades sebelumnya,” kata Mauladin saat ditemui DETAKKaltim.Com di ruang kerjanya, Kamis (23/8/2018).

Namun demikian, lanjutnya, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Tengin Baru di tahun anggaran tahum 2019 mendatang, Mauladin menjelaskan rencana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) akan membangun Sarung Burung Walet.

“Saya sangat yakin selama untuk meningkatkan Pendapan Asli Desa tentunya masyarakat pasti mendukung,” kata Mauladin lebih lanjut.

Dia juga mengakui meskipun sudah beberapa kali pergantian Kepala Desa, tetapi Pendapatan Asli Desa masih sangat minim.

Rencananya di tahun anggaran 2019 nanti, pihaknya akan mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp200 Juta . Bukan itu saja, Pemerintah Desa juga masih punya aset lahan pertanian yang wacananya akan ditanami Kelapa Sawit.

Masih di Kecamatan Sepaku, tidak jauh berbeda dengan Kastiyar, Kepala Desa Bumi Harapan menggungkapkan di tahun anggaran 2018  masih fokus pada pembangunan infrastruktur. Menurutnya, masih banyak yang harus dibenahi di antaranya peningakatan jalan pemukiman warga dan jalan usaha tani.

“Di tahun anggaran tahun 2018 kami mengalokasi penyertaan modal di BUMDes senilai seratus juta rupiah. Kami sudah mempunyai pengurus BUMDes, selanjutnya kami akan memanggil untuk mulai melakukan kegiatannya,” beber Kastiyar.

Menurutnya, peluang bisnis yang mempunyai prospek sangat bagus yang akan dikelola BUMDes adalah penyedian pupuk untuk para petani. Selain membantu warga meringakan biaya produksi, usaha ini sangat memberikan keuntungan karena pupuk menjadi salah satu kebutuhan.

Dia juga menyebutkan, meskipun sudah beberapa kali terjadi pergantian Kepala Desa namun PADes masih minim. (amran)

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!