Soal Larangan Mudik, DPRD Kaltim Nilai Melalui Pertimbangan Matang

Ely : Hormati Keputusan Pemerintah

0 74

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Wakil Ketua Komisi 4 DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid meminta semua masyarakat menghormati keputusan pemerintah, perihal larangan mudik Idul Fitri 1442 Hijriyah 2021.

Menurutnya, keputusan tersebut tentu diambil dengan pertimbangan matang. Sebab kondisi Covid-19 saat ini belum benar-benar mereda.

“Kita menghormati keputusan pemerintah. Hal ini sudah pasti dipertimbangkan dengan sangat matang,” ungkap Ely kepada DETAKKaltim.Com di Samarinda belum lama ini.

Karenannya, Ely meminta masyarakat menahan diri. Hal ini baik juga untuk menekan penyebaran Covid-19. Karena, yang terpenting adalah keselamatan keluarga.

“Jangan sampai hanya karena ingin merayakan lebaran bersama keluarga, kita menjadi pintu masuk Covid-19 ke dalam lingkungan keluarga,” terang Ely.

Bahkan, Politisi DPD PDI Perjuangan Kaltim ini yakin jika arus mudik dibuka, maka berpotensi menaikan tingkat penularan Covid-19 di Kaltim.

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi, ia meminta kepada masyarakat Kaltim agar menuruti keputusan pemerintah untuk tidak mudik.

Pemerintah Pusat sudah menetapkan larangan mudik lebaran secara nasional pada 6-17 Mei 2021. Namun di Kaltim, Gubernur Isran Noor memperbolehkan mudik lokal. Mudik lokal yang dia maksud adalah mudik antar daerah di Kaltim.

“Jadi mudik lokal boleh. Itupun harus melalui kewaspadaan, jadi harus dilengkapi dengan persyaratan bebas Covid-19,” ungkap Isran di Balikpapan, Rabu (21/4/2021).

Meski diperbolehkan, kata Isran, tetap ada aturan yang dibuat sebagai syarat untuk mudik lokal. Isran tidak mendetail syarat ataupun aturan mudik lokal yang ia maksud.

“Kalaupun ada istilah mudik lokal antar wilayah di dalam Kaltim, belum diatur. Walaupun boleh, ya tetap taati aturan dan harus memenuhi persyaratan,” ungkap dia.

Karena paling utama, kata Isran, bagaimana pengendalian Covid-19 selama pelaksanaan ibadah Ramadhan hingga Idul Fitri bisa berjalan efektif. Ia mengaku sudah mendapat arahan dari pusat perihal tersebut.

“Sesuai arahan Kapolri, saya bersama Pak Kapolda dan Pak Pangdam serta seluruh jajaran TNI dan Polri di daerah berupaya maksimal memberikan keamanan bagi masyarakat, selama Ramadhan dan Idul Fitri.” katanya. (DK.Com)

Penulis : Zaki

Editor   : Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!