Selamatkan Ribuan Jiwa, 4 Kg Sabu-500 Pil Ekstasi Diblender

AKBP Welly : Dibuang ke Dalam Septic Tank

0 99

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Sebanyak 4 kg sabu dan 500 butir Pil Ekstasi diblender dalam proses pemusnahan barang bukti Narkoba oleh Polres Kutai Timur (Kutim), Kamis (10/9/2021).

Sabu dan Ekstasi itu merupakan hasil tangkapan dari tersangka AH dan SR, yang kemudian berhasil digagalkan beredar hingga dipastikan tidak akan merusak ribuan jiwa orang.

Kapolres Kutim AKBP Welly Djatmoko menjelaskan, kronologi awal penangkapan bermula saat Opsnal Resnarkoba mendapatkan informasi, bahwa di wilayah Kutim menjadi perlintasan transaksi Narkotika antar Kota dan Provinsi.

Satresnarkobapun melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan seorang laki-laki di dalam penginapan Moroseneng, Kecamatan Muara Wahau, Senin (30/8/2021) lalu sekitar Pukul 06:00 Wita.

“Setelah dilakukan penggeledahan di kamar, ditemukan Sabu dan 50 Pil Ekstasi yang di simpan pelaku dalam Tas Ransel milik tersangka AH,” jelas AKBP Welly.

Proses pemusnahanpun dilakukan dengan cara dimasukkan ke Blender. Kemudian ditambahkan air, selanjutnya diblender hingga hancur dan larut.

“Barang bukti yang dimusnahkan lalu dibuang ke dalam septic tank, disaksikan langsung oleh kedua tersangka,” paparnya.

Dikatakannya, salah satu maksud dari pemusnahan barang bukti dari sisi psikologis agar masyarakat tahu secara hukum tentang penyalahgunaan Narkoba dan bahayanya.

“Sementara bagi para tersangka agar kelak sadar tidak mengulangi lagi perbuatannya, baik memakai, menjual, maupun mengedarkan,” sebutnya.

BERITA TERKAIT :

Dalam pemusnahan turut disaksikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dan Wabup Kasmidi Bulang, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Sangatta, Pengadilan Negeri Sangatta, dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kutim.

“Kini kedua tersangka telah menjalani masa penahanan di Rutan (Rumah Tahanan) Polres Kutim,” ungkap AKBP Welly.

Dikatakan Kapolres, dalam situasi prihatin pandemi Covid-19 (virus Corona) menjadi celah pelaku kejahatan Narkoba melancarkan aksinya.

Orang nomor satu di jajaran Korps Bhayangkara Kutim ini berjanji bakal memberantas Narkotika sampai ke akarnya. Tindakan tegas berlaku kepada siapapun yang terbukti melakukan tindak kejahatan Narkotika, tidak pandang bulu siapapun yang ada di belakangnya.

“Saya akan berantas Narkotika sampai ke akarnya, tanpa pandang bulu siapa yang ada di belakangnya. Termasuk jaringan Lapas, akan kita telusuri,” tegasnya.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan, pemusnahan barang bukti ini sebagai perwujudan kerja keras dari Kepolisian. Ardiansyah mengapresiasi kerja Polisi yang melaksanakan tugasnya demi memberantas peredaran Narkoba.

“Kita tahu ini tidak mudah, Polisi ini bekerja ekstra bahkan mungkin harus begadang, hanya tidur 2 jam bahkan 1 jam untuk memantau pergerakan mereka ini.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : RH

Editor   : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!