Sasar Petani, Anggota DPR-MPR RI Luther Kombong Sosialisasi 4 Pilar di Pedesaan

0 130

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Anggota DPR-MPR RI Dapil Kaltim-Kaltara Luther Kombong melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di L3 Kelurahan Separi Kutai Kartanegara, Sabtu (17/12/2016).

Di hadapan puluhan warga masyarakat desa kabupaten terkaya di Indonesia tersebut yang mayoritas berprofesi sebagai petani, legislator dari Partai Gerindra ini menyampaikan jika Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI merupakan 4 pilar kebangsaan yang jadi penyangga keutuhan Bangsa Indonesia.

“Sosialisasi empat pilar saya lakukan di beberapa gabungan kelompok tani dan kelompok tani, diharapkan mereka dapat mengerti dan menerima, karena mereka adalah kelompok yang mudah terpengaruh,” sebut Luther kepada Wartawan DETAKKaltim.Com sebelum acara.

Menurutnya, bukan hal mudah untuk pertahankan 4 pilar kebangsaan. Negara ini terdiri dari berbagai macam ras, suku, adat istiadat, agama dan budaya. Sebagai warga negara kita harus memaknai 4 pilar kebangsaan dengan menjaga persatuan dan kesatuan, sehingga dapat menempatkan diri secara proporsional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Empat pilar harus disosialisasikan terus menerus karena empat pilar mengandung Pancasila yang menjadi kekuatan atau pemersatu bangsa ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan anggota Komisi IV DPR RI ini, di era globalisasi tidak dapat dipungkiri jika di kemudian hari akan ada oknum atau gerakan yang mencoba untuk mematahkan 4 pilar kebangsaan. Inilah yang harus diantisipasi dengan berbagai cara, baik dengan pendekatan kultural yang dibarengi perkenalan budaya dan kearifan lokal, pendekatan edukatif, dan pendekatan hukum maupun pendekatan struktural.

“Kemajemukan menjadi sumber kekuatan pemersatu bagi bangsa Indonesia, terbukti bahwa sampai hari ini kita tetap menjadi satu kesatuan,” tegasnya.

Mantan anggota DPD RI ini berharap 4 pendekatan dalam menjaga 4 pilar dapat diterapkan di lingkungan masyarakat. Terhadap generasi muda, ia juga mengingatkan agar jangan terjebak dalam gerakan separatisme yang berpotensi memecah belah bangsa. Namun generasi muda harus tetap menjaga keutuhan tanah air dan pelihara persatuan dan kesatuan.

Berita terkait : Waspada WNA, Luther Sosialisasi 4 Pilar di Bumi Etam

Sebagaimana yang disampaikannya pada sosialisasi 4 pilar terdahulu di rumah aspirasi, Luther kembali mewanti-wanti agar masyarakat L3 Kelurahan Separi khususnya supaya menjaga lingkungannya. Mewaspadai jika ada orang asing di lingkungannya yang bisa membawa pengaruh negatif, mengingat saat ini orang begitu mudahnya mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Jaga masuknya orang asing di lingkungannya yang begitu mudah mendapat KTP, karena dikhawatirkan adalah masuknya pengaruh-pengaruh yang dapat mempengaruhi kultur Indonesia,” tandasnya.

Selain melaksanakan sosialisasi 4 pilar, sebagai penyambung lidah rakyat ke pemerintah, Luther juga mendengarkan aspirasi para petani yang mengikuti acara denga antusias sejak awal di wilayah itu. (LVL)

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!