Cegah Konflik di IKN, Anggota DPRD Kaltim Usul Pembentukan Lembaga

Sarkowi: Menjadi Jembatan Komunikasi

0 158

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Dalam perihal kedatangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sekretaris Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Sarkowi V Zahry, sorot interaksi sosial yang akan terjadi antar masyarakat lokal dan pendatang.

Karena itu, menurutnya, pada waktu mendatang sebuah lembaga resmi sangat perlu untuk dibentuk, agar dapat mengantasipasi persoalan demikian.

Sementara lembaga tersebut dikatakannya, seperti Forum Pembauran Nusantara, dimana dinilai Sarkowi, lembaga itu mampu menjadi jembatan atau media untuk menyatukan dua unsur masyarakat yang berbeda

“Forum tersebut mampu menjadi jembatan komunikasi dengan Badan Otorita. Kemudian juga bisa menjadi media silaturrahmi bagi masyarakat pendatang maupun lokal, bisa juga menjadi media untuk membahas persoalan-persoalan yang ada di IKN juga,” jelasnya melalui sambungan seluler, Minggu (12/2/2023).

Ke depan, lanjut politisi Fraksi Golkar tersebut, masyarakat lokal dan pendatang pasti akan hidup secara berdampingan. Sehingga persoalan pembentukan lembaga semacam ini, adalah hal yang penting.

Baca Juga:

Ia juga berpandangan, terdapat dua kemungkinan interaksi sosial yang akan terjadi. Pertama, penyesuaian dan akulturasi. Kedua, percampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling mempengaruhi. Namun, bisa juga justru sebaliknya.

“Berbahaya jika nanti justru timbul konflik karena adanya persaingan yang tidak sehat. Sehingga dari potensi yang memungkinkan terjadi, ia bertekad supaya hadirnya IKN nanti justru tidak menimbulkan konflik antar masyarakat.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!