Sambut IKN, Anggota DPRD Kaltim Pandang Perlu Perluasan Bandara

0 56
DPRD Kaltim

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Terpilihnya Kalimantan Timur sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN) menjadikan daerah ini terus melakukan pembenahan, dimana sebagai kota penyangga IKN, Infrastruktur dan transportasi di Kaltim perlu mendapat perhatian khusus.

“Selain itu perluasan bandara juga menjadi hal yang perlu diperhatikan,” ujar Puji Setyowati, anggota DPRD Kaltim kepada wartawan, Jum’at (20/12/2019).

Menurut Puji, dipindahnya IKN di Kaltim tentunya akan berdampak pada daerah lainnya. Bukan hanya di PPU tapi wilayah lain khususnya Utara perbatasan Samarinda, Tenggarong dan Balikpapan juga akan menjadi penyangga IKN.

Samarinda sebagai ibu kota Provinsi Kaltim, kata Puji, tentunya akan menjadi penyangga utama IKN, karena posisinya berada di tengah 10 kabupaten/kota.

“Kita berada di tengah 10 kabupaten/kota, seharusnya airport diperbesar lagi,” kata Puji.

Perluasan wilayah bandara ini, kata Puji, tidak mudah karena perlu dilakukan kajian lebih jauh terkait teknik desain dan pemetaan yang matang.

“Saya pikir harus ada pengkajian data engineering design yang kompleks,” imbuhnya.

Mengenai infrastruktur, Puji memberikan saran kepada pemerintah untuk membuat Detail Engineering Design (DED) sebagai produk yang nantinya akan digunakan untuk membuat sebuah perencanaan detail jangka panjang, sehingga nanti bisa dipakai siapapun pejabat yang akan memimpin. (DK.Com)

Penulis : ib

Editor   : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!