Sambut IKN, Anggota DPRD Kaltim Dukung Tenaga Konstruksi Bersertifikat

0 37
DPRD Kaltim

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : H Baba, Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim mengatakan memberikan mengapresiasi terhadap langkah Pemprov Kaltim melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR & Pera) Kaltim yang akan mensertifikasi puluhan ribu tenaga kerja konstruksi.

“Hal itu sejalan dengan persiapan rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur,” kata Baba di Kantor DPRD Kaltim, Selasa (10/12/2019).

Politisi PDI Perjuangan ini memastikan akan banyak pembangunan dan membutuhkan tenaga konstruksi profesional untuk kelancaran berdirinya Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim. Karena itu ia mendorong agar menciptakan tenaga yang berkualitas dan memiliki sertifikasi. Terlebih pembangunan infrastruktur untuk IKN diestimasi akan menelan anggaran senilai Rp466 Triliun.

“Sebuah pembangunan yang tidak sederhana, sehingga sertifikasi akan sangat mendukung pembangunan di Kaltim. Tenaga lokal harus berpartisipasi besar dalam pembangunan ini,” kata H Baba.

Baba menilai sertifikasi tersebut sejalan dengan Amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi yang mewajibkan setiap tenaga kerja konstruksi memiliki sertifikat.

“Dengan tersertifikasinya tenaga konstruksi, maka menjadi upaya mendorong tenaga konstruksi lokal menghadapi tantangan pembangunan yang membutuhkan SDM yang bersertifikat serta menyelaraskan kebutuhan memenuhi SDM yang memadai,” jelasnya. (DK.Com)

Penulis : Nina

Editor   : Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!