Rapat Paripurna DPRD Balikpapan Bahas 4 Raperda

Abdulloh : Untuk APBD Perubahan

0 30

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan membahas 4 agenda dalam Rapat Paripurna, Kamis (16/9/2021).

Satu di antaranya penyampaian Nota Penjelasan (Nopen) Wali Kota Balikpapan atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Gabungan DPRD Balikpapan,

“Nopen Rancangan APBD nanti untuk APBD Perubahan. Isi dari pada KUPA APBD Perubahan tahun 2021. Itu tujuan pada hari ini,” kata Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh setelah Rapat Paripurna.

Politisi Partai Golkar ini menyebutkan, APBD Perubahan 2021 Rp2,1 Trilyun kemudian ditambah belanja daerah menjadi Rp2,7 Trilyun, sehingga terjadi defisit sebesar Rp648 Milyar yang ditutupi oleh pendapatan daerah. Maka, APBD Perubahan tidak terjadi defisit melainkan menjadi zero.

“Jadi harus seimbang antara pemasukan dan pengeluaran,” jelasnya.

Program kegiatan dalam APBD Perubahan tahun 2021, kata Abdulloh lebih lanjut, sesuai dengan visi misi Wali Kota. Di antaranya pembayaran Iuran Gratis BPJS Kesehatan Kelas III Mandiri, pembangunan sekolah termasuk penanganan banjir.

“Tidak mengganggu program prioritas, justru mengutamakan program prioritas, untuk pro rakyat sesuai dengan visi misi Wali Kota,” bebernya.

Baca Juga :

Rapat Paripurna juga membahas pengumuman penetapan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2021 hasil evaluasi Gubernur. Kemudian, penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUPA PPAS) tahun 2021.

Juga penyampaian Laporan Hasil Kerja dan Rekomendasi Panitia Khusus (Pansus) Pengawasan Tindak Llanjut Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Balikpapan tahun 2020.

Lebih lanjut Abdulloh menjelaskan, setelah kesepakatan ditandatangani dan Nota Penjelasan juga sudah dilakukan, akan dilakukan Pandangan Umum Fraksi. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!