Pusat Harus Bersikap Adil

0 130

SAMARINDA : Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Shokip meminta agar pemerintah pusat dapat bersikap adil terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) terutama dalam hal pendidikan. Menurutnya, kualitas SDM Kaltim tidak kalah dengan daerah lain, namun untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut masih jauh dari harapan, terutama masalah terkendalanya fasilitas pendukung. Pemerintah pusat harus benar-benar adil dalam pemerataan sumber daya manusia.

“SDM Kaltim memiliki kecerdasan yang tidak kalah dengan daerah lain. Namun hingga saat ini masalah fasilitas pendukung masih menjadi masalah. Pemerintah pusat kurang adil dalam pemerataan penunjang peningkatan kualitas SDM,” katanya.

Disinggung soal ketidakadilan itu, menurut politikus Partai Gerindra tersebut adalah mengenai ketersedian fasilitas, termasuk infrastruktur pendukungnya. Dicontohkan, Kaltim memiliki Fakultas Kedokteran di Universitas Mulawarman (Unmul) yang mampu bersaing dengan daerah lain. Namun tenaga-tenaga medis yang ada di Kaltim justru masih banyak yang berasal dari Pulau Jawa. Hal tersebut dikarenakan alat-alat medis yang dapat menunjang prektek kedokteran masih tidak lengkap. Sehingga mahasiswa yang ada di fakultas kedokteran hanya mampu praktek kedokteran dengan alat seadanya. Padahal, kebutuhan akan tenaga medis di Kaltim sangat diperlukan, terutama dalam penempatan di daerah pedalaman dan perbatasan.

“Pemerintah pusat harus melihat kenyataan ini. Jangan hanya memperhatikan Pulau Jawa saja. SDM Kaltim cerdas dan mampu bersaing, hanya saja tidak didukung dengan ketersedian fasilitas serta infastruktur penunjang. Ini harusnya juga menjadi perhatian dari pemerintah daerah, jangan sampai SDM lokal yang memiliki kecerdasan, namun tidak dapat berbuat apa-apa bagi daerahnya sendiri,” ucapnya.

Terakhir anggota Komisi IV DPRD Kaltim tersebut berharap agar pemerintah melalui instansi terkait untuk dapat bersama-sama memaksimalkan kondisi yang ada.“Legislatif mendukung penuh, jika perlu kita bersama-sama berjuang untuk menuntut keadilan tersebut. Kaltim adalah daerah yang kaya namun hingga saat ini masih saja mengalami ketidakadilan,” tegasnya.(hms7)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!