Pokdarwis Desa Pela Raih Prestasi Hingga Tingkat Nasional

Alimin : Kita Raih Berkat Kerja Keras Untuk Terus Mengangkat Wisata

0 582
DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, dibentuk pada tahun 2017 lalu. Hingga saat ini, Pokdarwis Desa Pela, telah meraih sejumlah prestasi, baik tingkat lokal maupun nasional.

Ketua Pokdarwis Desa Pela Alimin mengatakan, sejumlah prestasi yang diraih tidak terlepas dari peran aktif pihaknya dalam memberikan terobosan untuk mengangkat objek wisata di Desanya.

“Alhamdulillah, saat itu kita meraih peringkat tiga terbaik se-Kalimantan Timur. Ini tidak terlepas dari kerja keras kita dalam mengangkat objek wisata,” ujar Ketua Pokdarwis Desa Pela, Alimin.

Prestasi pertama Pokdarwis Desa Pela diraih pada tahun 2018. Pada saat itu usia Pokdarwis baru 9 bulan dibentuk, namun sudah ditunjuk oleh Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) untuk mewakili Kukar dalam Lomba Pokdarwis se-Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kita juga mewakili Kukar, dalam Rakor Pokdarwis se-Kalimantan Timur, dan kita terpilih menjadi ketua Pokdarwis Provinsi se-Kalimantan Timur,” kata Alimin.

Baca juga : Pemkab Kukar Maksimalkan Potensi Pertanian di Desa Sumber Sari

Kemudian pada tahun 2019 Pokdarwis Desa Pela yang digandeng Poli Teknik Negeri Samarinda (Polnes) meraih juara Ke-2, dalam ajang tahunan Kementerian Pariwisata RI, Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA), kategori Pendampingan Desa Wisata Melalui Perguruan Tinggi.

“Pada acara puncak kita diumumkan sebagai juara Ke-2, itu melalui Polnes,” jelas Alimin.

Selanjutnya pada tahun 2020 Pokdarwis Desa Pela kembali mendapat penghargaan dari Bupati Kukar, sebagai Pokdarwis aktif dalam usaha peningkatan masyarakat di Bidang Pariwisata. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 87 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!