Hidupkan Kembali Pariwisata, Pokdarwis Desa Pela Akan Gelar Festival Danau

Alimin : Festival Danau Ke-3 Mengangkat Tema Kearifan Lokal

0 514
DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Wabah Covid-19 menyebabkan sektor wisata kehilangan pendapatannya, karena jumlah kunjungan wisatawan menurun drastis. Salah satunya Desa Pela di Wilayah Kota Bangun, Kutai Kartanegara, yang merasakan dampaknya. Meski sempat ditutup akibat wabah Covid-19, namun tempat wisata ini sudah siap menerima wisatawan lokal maupun nasional.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela Alimin mengatakan, untuk menggairahkan kembali wisatawan pihaknya akan menggelar Festival Danau Ke-3. Saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) khususnya Dinas Pariwisata, untuk pelaksanaan even tersebut. Rencananya Festival Danau dilaksanakan selama 2 hari.

“Pelaksanaannya nanti rencananya akan berlangsung dua hari, pada tanggal 28 dan 29 November, ini masih rencana. Kalau memang ini sudah tercover oleh Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten kita akan melaksanakan pada tanggal tersebut, apabila memang belum, akan kita tunda waktunya nanti,” ujar Alimin saat ditemui beberapa waktu lalu.

Berita terkait : Sempat Tutup Akibat Covid-19, Desa Pela Kembali Terima Kunjungan Wisatawan

Dalam Festival Danau Ke-3, pihaknya akan menggelar sejumlah acara dengan mengangkat tema kearifan lokal, yakni potensi desa nelayan. Pihaknya akan menggelar sejumlah lomba di antaranya Lomba Menjala, Memancing dan Menangkap Ikan, serta Lomba Mendayung dan Perahu Mini serta Lomba Kuliner khas Desa Pela.

“Kan banyak objek wisata yang dimiliki Pela, termasuk pesona sunset atau matahari terbenam di Danau Semayang, kami juga menyediakan paket perjalanan melihat Pesut Mahakam. Dalam festival Danau Ke -3 nanti kami akan mengangkat tema kearifan lokal,” jelas Alimin. (DK.Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 60 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!