Petani Kubar Minim Alat, Anggota Fraksi PDIP Harap Pemprov Beri Bantuan

Marthinus: Petani Mengharapkan Perhatian

0 137

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Agar tidak menggantungkan diri dengan daerah lain, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim perlu gencarkan Sektor Pertanian, Perkebunan, hingga kebutuhan masyarakat lainnya.

Hal ini disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Marthinus, yang menaruh harapan besar agar ke depan swasembada pangan dapat direalisasikan di Benua Etam.

Kendati demikian, sebelum meningkatkan upaya dalam Sektor Pertanian serta Perkebunan itu, ia mendorong pemerintah untuk memperhatikan wilayah Kutai Barat (Kubar) dan Mahakam Ulu (Mahulu), yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai Pekebun dan Petani, namun mengalami keterbatasan alat.

“Masyarakat di beberapa Kecamatan di sana yang berprofesi sebagai Petani mengharapkan perhatian, dan peran serta pemerintah dalam Bidang Pertanian dan Perkebunan,” terangnya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

Politisi PDI Perjuangan Kaltim dari Daerah Pemilihan (Dapil) V wilayah Kubar dan Mahulu itu membeberkan, beberapa dukungan alat-alat Pertanian mulai dari Excavator, Traktor, Mesin Gilingan Padi dan Perontok Padi, dibutuhkan para Petani di Kubar.

“Mereka juga memerlukan bantuan bibit unggul Pertanian seperti Jagung, Lada, Kopi dan Karet. Karena, pemberian Pupuk dapat meningkatkan kesuburan. Sehingga, kualitas dan produktivitas tanaman semakin meningkat,” bebernya.

Iapun mengungkapkan para Petani di daerah tersebut, sangat berharap kepada pemerintah agar pembagian Pupuk hayati cair bersubsidi setiap tahunnya tetap berlanjut, untuk membantu kelangkaan Pupuk di Kubar.

“Petani juga minta alat penunjang Pertanian seperti pembasmi hama yang menyerang tanaman. Termasuk juga adanya peremajaan dan perluasan Perkebunan Karet di daerah tersebut,” ungkap Marthinus.

Penyuluhan secara rutin, lanjut dia, turut menjadi satu hal penting yang dibutuhkan Petani Kubar, guna menyongsong atau meningkatkan Sumber Daya Manusia.

“Kami minta agar pemerintah bisa merespon semua permintaan dan keluhan mereka. Sehingga, hasil dan kualitas panen Perkebunan di Kubar maupun Mahulu semakin meningkat.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 14 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!