8 Balon Kepala Daerah Serahkan Dukungan Perseorangan di Kaltim

Di Berau Tercatat 2 Balon Perseorangan Serahkan Dukungan

0 88

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) mengeluarkan data tentang Kabupaten/Kota yang menerima penyerahan dokumen dukungan bakal calon (Balon) Kepala Daerah, yang melalui jalur Perseorangan, Senin (13/5/2024).

Komisioner KPU Kaltim Suardi yang dikonfirmasi mengatakan, penyerahan itu mulai 8 hingga 12 Mei 2024.

“Penyerahan dari tanggal 8-12,” kata Suardi.

Untuk Balon Perseorangan pada Pemilihan Gubernur Kaltim, disampaikan nihil.

Sedangkan untuk Kabupaten/Kota, dari 10 Kabupaten/Kota di Kaltim tercatat 4 Kabupetan yang memiliki Balon Perseorangan masing-masing Kutai Barat (Kubar), Penajam Paser Utara (PPU), Berau, Kutai Kartanegara (Kukar).

Sedangkan untuk Kota, terdapat 3 Kota masing-masing Kota Samarinda, Kota Bontang, dan Kota Balikpapan.

Di Kabupaten Kutai Barat bakal calon Bupati Frederick Edwin berpasangan bakal calon Wakil Bupati H Nanang Adriani SPKP MSi.

Status penyerahan dukungan di Sistem Informasi Pencalonan (Silon), Diterima. Jumlah dukungan yang diserahkan 15.806 dari 12.514 persyaratan, dan 12 Kecamatan dari 9 Kecamatan yang disyaratkan.

Di Kabupaen Penajam Paser Utara, bakal calon Bupati Riza Fahrizal berpasangan bakal calon Wakil Bupati Alfin Nasoruddin. Status penyerahan dukungan, dikembalikan.

Selanjutnya di Kota Balikpapan, bakal calon Walikota Joy Nashar Utamajaya berpasangan bakal calon Wakil Walikota Mayasusi Likovitasari. Status penyerahan dukungan, dikembalikan.

Baca Juga:

Di Kabupaten Berau tercatat 2 Balon. Masing-masing Balon Bupati Edy Triyono Sumartadi SH MH dengan bakal calon Wakil Bupati KH Masrur S Ag. Status penyerahan dukungan manual, diterima.  Jumlah dukungan yang diserahkan 22.081 dari 19.185 yang disyaratkan.

Berikutnya, Balon Bupati  Sonya Rita berpasangan dengan bakal calon Wakil Bupati Burhanuddin. Status penyerahan dukungan melalui Silon, diterima, Jumlah dukungan 19.548 dari 19.185 yang disyaratkan.

Di Kabupaen Kutai Kartanegara, bakal calon Bupati Ir Awang Yacoub Luthman MM MSi dengan pasangan bakal calon Wakil Bupati H Akhmad Zais HRH S Sos.

Status penyerahan dukungan manual, proses pemeriksaan. Jumlah dukungan yang diserahkan 42.000 dari 40.730 yang disyaratkan. Sebaran Kecamatan dukungan 20 Kecamatan.

Untuk di Kota Samarinda bakal calon Walikota Dr H Andi Harun dengan bakal calon Wakil Walikota H Syaparudin S Sos. Status penyerahan dukungan manual, proses pemeriksaan. Jumlah dukungan yang diserahkan 48.934. Sebaran Kecamatan dukungan 10 Kecamatan.

Kemudian di Kota Bontang, bakal calon Walikota Basri Rase SIP MSi berpasangan dengan bakal calon Wakil Walikota H Chusnul Dhihin. Status penyerahan dukungan manual, diterima.

Jumlah dukungan yang diserahkan 16.010 dari 13.160 yang disyaratkan dengan sebaran Kecamatan dukungan 3 Kecamatan.

Tiga Kabupaten lainnya, masing-masing Paser, Kutai Timur, dan Mahakam Ulu nihil Balon Perseorangan.

Setelah tahapan ini, KPU Kabupaten/Kota yang memiliki bakal calon Perseorangan akan melakukan verifikasi administrasi dokumen syarat dukungan dari tanggal 13 Mei hingga 29 Mei 2024. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 82 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!