Pemkab Kukar Realisasikan Program Beasiswa S1 1.000 Guru Tahun Ini

Joko :  Rp5 Juta Per Guru              

0 169

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berahlak dan berbudaya sesuai dengan visi misi Bupati terpilih, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan Program Beasiswa Sarjana bagi 1.000 Guru yang berdomisili di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Ketenagaan Joko Sampurn menjelaskan, dalam Program 1.000 Sarjana bagi Guru TK, PAUD, SD/MI, SMP/MTS yang mengabdi di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Baik yang Negeri maupun Swasta, berhak mendapatkan Beasiswa kuliah S1 dengan tujuan agar nantinya setelah lulus kuliah memenuhi kualifikasi Guru S1.

“Untuk mendapatkan Beasiswa tersebut, Guru harus memenuhi syarat dan ketentuan yang diatur melalui Peraturan Bupati Kukar Nomor 5 tahun 2022,” jelas Joko saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/5/2022).

Di antara kriteria Guru penerima Beasiswa yaitu, tercatat sebagai warga Kukar dan Guru tersebut terdata di Dapodik serta Simpatika Kementerian Agama.

Baca Juga :

Untuk besaran Beasiswa disebutkan Joko, yaitu Rp5 Juta per Guru selama setahun dengan syarat harus tercatat dan memiliki Kartu Mahasiswa/Mahasiswi.

“Sedangkan bagi Guru yang sudah mendapatkan Beasiswa dari program lain, maka secara otomatis Guru tersebut tidak bisa menerima Beasiswa program 1.000 Sarjana bagi Guru,” jelas Joko lebih lanjut.

Sementara untuk sistem penyalurannya, lanjut Joko, secara teknis bagi Guru Negeri melalui Badan Kepegawaian Bidang Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sedangkan bagi Guru Swasta untuk teknis penyalurannya, melalui Pemerintah Kabupaten Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

“Dinas Pendidikan hanya menverifikasi data Guru yang mengajukan Beasiswa, serta memberikan Rekomendasi,” imbuh Joko.

Untuk pelaksanaan Program 1.000 Sarjana bagi Guru di Kabupaten Kutai Kartanegara, ungkap Joko, akan dimulai pada tahun anggaran 2022 sesuai visi misi Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Nur Alim/Adv.

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!