Pasca Banjir, PMI Bantu Warga Gunung Lingai Peralatan Pembersih

Nurdin : Ini Memag Kita Butuhkan

0 113

DETAKKaltim.Com, SAMRINDA : Ratusan Kepala Keluarga yang tinggal di 5 RT di wilayah Kelurahan Gunung Lingai, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda menerima bantuan Cleaning Kit atau Peralatan Pembersih yang disalurkan Palang Merah Indonesia Provinsi Kaltim bersama PMI Kota Samarinda, Kamis (9/7/2020) pagi.

Penyaluran dipusatkan di Kantor Kelurahan Gunung Lingai, yang terletak di Jalan Gunung Lingai. Guna menghindari penumpukan warga lantaran masih dalam masa pendemi Covid-19, proses pembagian bantuan ini dilakukan 3 tahap.

Koordinator Lapangan PMI Provinsi Kaltim Mesdiono menjelaskan, bantuan berupa Perlengkapan Pembersih diperuntukan bagi warga yang terdampak banjir pada bulan Mei lalu.

“Isi bantuan cleaning kit ini, Sapu Lidi, Pel Lantai, Pengki Gagang, Serokan Lantai Karet, Ember Hitam, Sarung Tangan Keset, Pembersih Lantai, dan Selimut. Masing-masing satu buah,” jelas Mesdiono kepada awak Media DETAKKaltim.Com di sela-sela pemberian bantuan.

Sementara dari hasil pendataan yang dilakukan petugas PMI, khususnya di Kelurahan Gunung Lingai, terdapat 401 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir dan berhak mendapatkan bantuan. Yakni, RT 03 sebanyak 103 KK, RT 09 sebanyak 157 KK, RT 10 sebanyak 57 KK, RT 22 sebanyak 49 KK, dan RT 23 sebanyak 35 KK.

“Penyaluran bantuan sesuai dengan hasil pendataan di masing-masing RT sehingga dijamin tidak salah sasaran. Dan setiap penerima menadapatkan kartu pengambilan bantuan” jelas Mesdioni lebih lanjut.

Baca juga : Atasi Banjir, 2 Kelurahan Akan Kerja Bakti

Pemberian bantuan inipun disambut gembira warga. Salah seorang warga bernama Nurdin mengaku senang dengan bantuan yang diberikan, ia menjelaskan pada saat banjir melanda rumah yang ia huni sempat terendam banjir hingga selutut orang dewasa. Bahkan usai banjir iapun sempat kesulitan membersihkan sisa – sisa banjir lantaran perlengkapan pembersih tidak ada.

“Alhamdulilah ada bantuan susulan dari PMI, dan ini memag kita butuhkan. Ya semoga aja tidak ada lagi banjir di tempat kam,” ucap Nurdin.

Meski ratusan warga yang tedampak banjir bulan Mei lalu menerima bantua susulan, namu warga juga berharap agar Pemerintah Kota Samarinda dapat lebih serius menangani banjir, agar waktu musim hujan tidak ada lagi rumah warga yang terendam banjir. (DK.Com)

Penulis : Mashardiansyah

Editor   : Lukman

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!