26 Kali Donorkan Darah, Rizki Bersyukur

Stok Darah Menipis, PMI Cabang Samarinda Cari Pendonor

0 80

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Samarinda sejak hari Minggu kemarin, hingga Senin (22/6/2020) sore, menggelar donor darah massal. Kegiatan donor darah massal dilaksanakan di area Museum Taman Samarendah, Jalan Bhayangkara Samarinda Kota.

Kegiatan donor darah massal digelar lantaran menipisnya stok darah untuk semua golongan darah sejak pendemi Covid-19, dan juga bertepatan dengan Hari Donor Darah se-dunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni lalu.

“Untuk yang lebih dibutuhkan semua golongan darah, karena semua golongan stok darah menipis sejak adanya Covid-19 ini. Biasanya 80 persen darah kita didapat dari donor luar, baik perusahaan ataupun instansi. Namun karena Covid-19 ini mereka pada membatalkan donor darah, karena adanya protokoler dari pemerintah,” tutur Nurul Hidayah, Kepala Bagian Pengelola Darah PMI.

Meski donor massal ini digelar di ruang terbuka dan untuk umum, namun tidak semua warga dapat mendonorkan darah mereka. Para calon pendonor terlebih dahulu harus dalam keadaan sehat dan memenuhi persyaratan.

“Bagi yang mau mendonor itu kita cek dulu apakah ada riwayat penyakit tertentu, apakah HB (Hemoglobin) cukup, dan lain sebagainya. Ya banyak juga yang kita tolak,” jelas Nurul kepada awak media DETAKKaltim.Com di tempat kegiatan donor darah.

Kegiatan donor darah massal yang telah berjalan dua hari ini, hingga Senin sore untuk hasil sementara pendonor telah mencapai 184 kantong darah, dominan golongan darah O. PMI Kota Samarinda berharap berakhirnya donor darah massal ini bisa mencapai target yakni 200 kantor darah.

Rizki, salah seorang pendonor yang telah puluhan kali mendonorkan darahnya, mengatakan merasa bersyukur kegiatan donor darah ini digelar tepat di tengah kota. Baginya mendonorkan darah adalah salah satu bentuk upaya untuk menyehatkan tubuh.

“Biasa donor, per dua bulan atau tiga bulan sekali. Tapi karena kemarin pendemi ya nggak bisa, ini sudah Ke-26 kali. Selain menyehatkan kita juga kan bisa membantu bagi yang membutuhkan darah,” ucap Rizki (DK.Com)

Penulis : Mashardiansyah

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!