Legislator Kaltim Sentil Pemprov Tak Bisa Tangkap Peluang Bisnis

Sapto : Sepertinya Tidak Bisa Menangkap Peluang Bisnis

0 112

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pemanfaatan peluang bisnis di Kaltim perlu lebih digencarkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Perusahaan Daerah (Perusda) setempat.

Hal ini disampaikan anggota Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Sapto Setyo Pramono. Karena menurutnya, Provinsi Kaltim memiliki Sumber Daya Alam (SDA) berlimpah yang perlu dikelola dengan baik, agar dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Pemprov Kaltim dan Perusda Kaltim, sepertinya tidak bisa menangkap peluang bisnis di daerah sendiri. Bahkan tidak dilirik sama sekali,” ucapnya, Kamis (10/11/2022).

Lanjutnya, kesempatan luar biasa tersebut akhirnya musnah karena telah dikelola oleh pihak swasta. Seperti, Pelabuhan Kariangau.

“Padahal pelabuhan tersebut aset milik Pemprov Kaltim.Tetapi faktanya, hasil pengelolaan justru masuk ke pusat. Beberapa persen angkanyapun dikelola pusat, sedangkan itu aset kita,” tegasnya.

Politisi Fraksi Golkar ini mencontohkan, beberapa peluang bisnis yang dapat dikelola di antaranya adalah Pertambangan Batubara serta potensi sungai.

Baca Juga :

“Dengan begitu, maka akan ada dana yang bisa masuk ke kas daerah. Kita juga ada Perusda yang mengurus Tambang, tapi kenapa kenapa dia tidak melakukan sesuatu kerja sama. Misalkan dalam proses pengelolaan kerja sama alur sungai untuk penyertaan Shipping Batubara,” bebernya.

Iapun menghimbau dengan tegas kepada Pemprov Kaltim untuk memberikan bukti nyata, dengan tindakan secara langsung untuk meningkatkan PAD.

“Kita tidak akan bisa menambah PAD kalau peluang bisnis banyak tidak dimanfaatkan. Saya minta kepada Pemprov Kaltim ke depannya untuk memberikan tindakan nyata, tidak hanya sekedar kata-kata.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!