Legislator Balikpapan Ajak Masyarakat Berperan Atasi Banjir

Sabaruddin : Peran Masyarakat Juga Penting

0 42

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Persoalan banjir di Kota Balikpapan bukanlah hal yang baru, Pemerintah Kota Balikpapan telah mengupayakan dan tidak tinggal diam untuk mencarikan solusi terbaik agar kota yang dijuluki Kota Minyak ini bebas dari masalah ini.

“Persoalan banjir di Kota Balikpapan seperti di Jalan MT Haryono dan Gunung Sari Ilir bukan lagi rahasia,” kata Wakil Ketua DPRD Balikpapan dari Fraksi Gerindra Sabaruddin Panrecalle, Kamis (19/8/2021).

Wali Kota Balikpapan telah memprogramkan visi misinya dalam mengatasi masalah banjir ini, kata Sabaruddin lebih lanjut, namun peran masyarakat juga penting dalam penanganan persoalan ini agar dapat diatasi bersama.

“Pemerintah Kota telah mengupayakan Normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal, untuk mengatasi masalah banjir di Balikpapan,” jelasnya.

Namun, banjir yang ada di Balikpapan tidak di satu titik saja. Dari 6 Kecamatan, dan 34 Kelurahan ada beberapa tempat lainnya yang harus kita pecahkan bersama untuk mengatasinya.

Memecahkan permasalahan banjir di Balikpapan ada baiknya turun langsung ke daerah yang terdampak, di situ dapat diketahui apa saja penyebabnya.

“Butuh pendalaman serta proses untuk mengatasi permalasahan banjir di Balikpapan, dimulai dari hulu hingga hilir.” tandasnya.

Baca Juga :

Mengutip keterangan Bappeda beberapa waktu lalu saat Rapat Dengar Pendapat, Alwi Al Qadri, Ketua Komisi 3 DPRD Balikpapan mengatakan menangani permasalahan banjir di lokasi daerah Sungai Ampal  tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 1,9 Triliun, untuk pembebasan lahan di sana saja dibutuhkan sekitar Rp600 sampai Rp700 Miliar.

“Di keuangan kita Kota Balikpapan tidak sanggup memang, kalau itu dikerjakan sudah tidak bisa mengerjakan yang lain. Kalau menganggarkan di Rp1,9 Triliun,” jelas Alwi kala itu. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!