Komisi 4 DPRD Kaltim dan Disdikbud Antisipasi Zonasi PPDB

Salehuddin : Segala Proses Persiapan Itu Sudah Dilaksanakan

0 96

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, saat ini tengah menyusun strategi mengantisipasi terjadinya zonasi. Pada saat proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin ketika dikonfirmasi. Disebutkanya, bahwa DPRD Kaltim sejak jauh hari telah melakukan koordinasi dengan Disdikbud Kaltim, terkait proses PPDB ditingkat SMA/SMK sederajat.

“Segala proses persiapan itu sudah dilaksanakan dari jauh hari. Walaupun ada beberapa isu cukup krusial. Misalnya di Balikpapan dengan peminat yang banyak, namun daya tampung sekolah terbatas. Itu salah satu yang jadi konsentrasi kami,” ungkap pria yang akrab disapa Saleh tersebut ketika dikonfirmasi DETAKKaltim.Com, Senin (17/5/2021) sore.

Saleh mengatakan, DPRD Kaltim bersama dinas terkait kini tengah berupaya melakukan pemerataan khusus di sekolah-sekolah negeri di seluruh Kabupaten dan Kota se-Kaltim, guna mengantisipasi terjadinya zonasi.

“Sebenarnya yang agak krusial itu dinamikanya ada di Balikpapan maupun Samarinda. Selebihnya, Kabupaten Kota lain justru tidak menimbulkan polemik yang begitu signifikan. Selama ini berjalan dengan baik,” lanjutnya.

PPDB bisa berjalan dengan baik di daerah lain, dikarenakan dari segi daya tampung dan pilihan siswa yang telah sesuai. Kendati demikian, berkaca pada pengalaman-pengalaman sebelumnya, Disdikbud Kaltim juga mencari alternatif lain demi persoalan peminat dan daya tampung yang tak seimbang.

“Sampai sekarang, kami memang belum terlapor secara final ya (tanggal PPDB). Tapi yang pasti, persiapan mengenai itu dan bahkan kami datangi beberapa sekolah insya Allah mereka siap laksanakan PPDB,” terang politisi dari Fraksi Golkar tersebut.

Kesiapan sekolah didukung oleh beberapa tahapan yang telah dilaksanakan sebelumnya, termasuk Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) yang sudah bertemu dengan Disdikbud Kaltim.

“Sehingga hal-hal yang sifatnya krusial, saya pikir sudah terdiskusi dengan baik. Intinya kita sama-sama mengawal itulah, jangan sampai terjadi ketidaktertiban dalam proses PPDB ini,” imbuhnya.

Demi kelancaran PPDB tahun ini, evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya juga disampaikan kepada Disdikbud Kaltim agar terus melakukan proses koordinasi dari awal. Contohnya seperti zonasi, dan daya tampung di beberapa sekolah yang terbatas.

“Mudah-mudahan sesuai dengan komitmen Disdikbud Kaltim, mudahan kita minimalisasilah problem-problem yang ada.” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : Adt

Editor   : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!