Komisi 3 DPRD Balikpapan Gelar RDP Bersama Dishub dan Dinas PU

Respon Kecelakaan Jalan Muara Rapak

0 64

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pekerajaan Umum (PU) dan Dinas Perhubungan, Camat, serta Lurah di Ruang Rapat Gabungan DPRD Balikpapan, Rabu (2/2/2022).

Melalui sambungan Telepon Selulernya, Ketua Komisi 3 DPRD Balikpapan Alwi Alqadri menyampaikan pembahasan dalam RDP berupa beberapa program, salah satunya tentang jam operasional kendaraan besar roda 6 ke atas di Balikpapan.

Hal ini terkait kecelakaan yang terjadi di Muara Rapak beberapa waktu lalu. Mengingat kejadian kecelakaan di turunan Jalan Muara Rapak sudah sering terjadi, yang mengakibatkan korban berjatuhan bahkan sampai meninggal dunia. Sehingga, menurut politisi Partai Golkar ini, menjadi catatan penting

“Kejadian ini adalah yang terakhir kalinya, semoga tidak ada lagi kejadian yang serupa di lokasi yang sama,” harap Alwi.

Baca Juga :

Lanjut Alwi, ada poin penting dalam jangka pendek seperti yang disampaikan Wali Kota Balikpapan, dengan dikeluarkannya Perwali terhadap pengetatan jam operasional untuk kendaraan besar roda 6 ke atas.

Adapun Langkah-langkah yang diambil lewat jangka panjangnya dengan melibatkan Dinas PU, yaitu melakukan pelebaran jalan kurang lebih 8 Meter di sisi kiri.

“Meskipun di sisi kiri ada SPBG Pertamina yang mana lahannya Pertamina, diyakini Pertamina pastinya mengijinkan demi kelancaran dan keselamatan orang banyak,” tegas Alwi.

Baca Juga :

Alwi juga menyampaikan, diharapkan kepada Dishub untuk membangun Depo di Kilo 13 dengan sistem kendaraan besar yang membawa barang atau material jenis apapun, harus dilansir dengan menggunakan kendaraan kecil.

Terkait dengan pembangunan Flyover di kawasan Muara Rapak, kata Alwi, itu merupakan wewenangnya Provinsi dalam mengambil kebijakan soal anggaran.

“DPRD Kota Balikpapan khususnya Komisi 3 menggelar Rapat Dengar Pendapat ini, untuk mendorong adanya percepatan program pemerintah khususnya dalam hal pembangunan.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!