Komisi 2 DPRD Kaltim Akan Panggil Direksi Perusda Terpilih

Ada Rekomendasi BPK RI, Veri : Segera Melakukan Pembenahan

0 122

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pemprov Kaltim melalui Tim Panitia Seleksi (Pansel) Perusahaan Daerah (Perusda), akhirnya mengemukakan sejumlah nama yang dinyatakan lulus dalam proses seleksi pejabat Direksi di Perusda milik Pemprov Kaltim.

Bahkan pengumuman sejumlah nama tersebut tertuang pada surat nomor 539/289/EKO dengan judul Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Calon Badan Pengawas Independen dan Direksi BUMD Provinsi Kalimantan Timur tahun 2021.

Tidak hanya itu, pengumuman ini juga tertuang berdasarkan Surat Gubernur Kaltim Nomor 539/3144/Ek perihal Keputusan Kuasa Pemilik Modal (KPM) dan nama-nama calon Badan Pengawas Independen dan Direksi BUMD Provinsi Kaltim.

Pengumuman ini menampilkan nama-nama pimpinan baru pada 6 Perusda. Masing-masing PT Ketenagalistrikan Kaltim, PT Migas Mandiri Pratama Kaltim, PT Jamkrida Kaltim, Perusda Bara Kaltim Sejahtera (BKS), Perusda Melati Bhakti Satya (MBS), dan Perusda Sylva Kaltim Sejahtera (SKS).

Anggota Komisi 2 DPRD Kaltim Nidya Listiyono menanggapi perihal pengumuman hasil rekrutmen pejabat Direksi Perusda milik Pemprov Kaltim yang baru. Dalam kesempatan itu, ia lebih dahulu mengucapkan selamat kepada mereka yang telah terpilih sebagai Badan Pengawas Independen, maupun Direksi Perusda tahun 2021.

Menurutnya, sejumlah nama yang telah terpilih ini harus didasari sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas. Tyo, sapaan karibnya, tegas menyatakan bahwa ia tidak memiliki resistensi terhadap siapapun yang terpilih.

Mengingat, Komisi 2 DPRD Kaltim sebelumnya tidak bisa melibatkan diri secara langsung, saat proses seleksi pejabat Perusda ini berlangsung. Terbukti ketika pihaknya dipersulit ketika meminta Curriculum Vitae (CV) para calon Direksi kepada Tim Pansel.

“Karena prosesnya sudah sejauh ini. Maka Komisi 2 tinggal melakukan langkah koordinasi. Dengan memanggil Badan Pengawas Independen dan Direksi BUMD Kaltim yang terpilih,” ungkapnya ketika dikonfirmasi DETAKKaltim.Com melalui sambungan telepon, Rabu (23/6/2021).

Namun pihaknya akan mengundang mereka, untuk memperkenalkan diri memaparkan rencana bisnisnya.

“Nanti kita lihat apa rencana bisnis mereka itu seperti apa. Ke depannya, kita komunikasikan untuk melakukan pertemuan dan memperkenalkan diri. Dan juga menyampaikan bahwa kami Komisi 2 ini adalah mitra mereka,” sambungnya.

Besar harapan Tyo agar mereka yang terpilih bisa bekerja dengan hati dan integritas, serta dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kaltim.

“Kita minta hasil yang positif, kita minta mekanisme kerja diperbaiki semua. Intinya bagaimana mereka bisa meningkatkan PAD Kaltim.” tutup politisi Partai Golkar tersebut.

Terpisah, Ketua Komisi 2 DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang mengatakan, bahwa pihaknya menghormati serta menghargai hasil kerja dari Tim Pansel. Serta berharap keputusan tersebut mampu mengurai benang kusut di tubuh Perusda.

BERITA TERKAIT : 

“Harapannya, ada perubahan yang signifikan untuk membawa BUMD Kaltim mengambil bagian penyumbang pendapatan daerah,” ungkap Veridiana, sapaan akrabnya.

Selain itu, ia juga turut berharap agar Dirut yang terpilih, segera melakukan pembenahan terhadap rekomendasi dari temuan BPK RI Perwakilan Kaltim.

“Harapan saya para Dirut yang terpilih segera melakukan pembenahan, apalagi sudah secara jelas ada rekomendasi BPK RI terhadap temuan-temuan Laporan Keuangan di beberapa BUMD. Komisi 2 sudah mendorong agar BPK RI melakukan audit internal, tentang Keuangan BUMD kaltim,” urainya.

Secara tegas politisi PDIP tersebut juga mengatakan, akan tetap konsisten untuk melakukan pengawasan.

“Kami akan konsisten untuk melakukan pengawasan.” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : adt

Editor   : Lukman

Hasil Akhir Seleksi Calon Badan Pengawas Independen dan Direksi BUMD Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021

  1. PT Ketenagalistrikan Kaltim: Direktur Utama Supiansyah SE, Direktur Operasional Nixson Butarbutar SE dan Direktur Keuangan & SDM H Muhammad Fatoni SP.
  2. PT Migas Mandiri Pratama Kaltim: Direktur Utama Edy Kurniawan SE, Direktur Operasional Akbar Soetantyo, Direktur Keungan & SDM Beny Roni SP.
  1. PT Jamkrida Kaltim: Direktur Utama Dedy Mainata SE. M.Ag, Direktur: Juliantina SE.
  1. Perusda Bara Kaltim Sejahtera (BKS): Badan Pengawas Apriadi Dhamhurie Gani, Direktur Utama H Didik Muliadi S.Ag, Direktur Operasional Gentur Dwi Atmoko S.Hut, Direktur Keuangan Driyono SE. M.Si
  1. Perusda Melati Bhakti Satya (MBS): Direktur Utama Aji Mohammad Abidharta Wardhana Hakim MM, Direktur Operasional & SDM Ir Rano Hardani ST. MM
  1. Perusda Sylva Kaltim Sejahtera (SKS): Direktur Utama Ir H Stepi Hakim MEMD.
(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!