Komisi 2 DPRD Bontang Bahas Program Prioritas Bersama Mitra Kerja

Usulkan 3 Program Prioritas

0 108
DETAKKaltim.Com, BONTANG : Ketua Komisi II DPRD Bontang Rustam mengusulkan tiga program prioritas yang harus menjadi perhatian khusus di tahun 2021. Politisi Partai Golkar itupun meminta kelanjutan bangunan Poliklinik Rawat Jalan RSUD Taman Husada Bontang diprioritaskan, agar segera rampung.

Hal itu ia sampaikan usai rapat kerja bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mitra kerja Komisi 2, dalam penyusunan rencana program kegiatan tahun anggaran 2021, di Auditorium 3 Dimensi, Senin (12/10/2020) siang.

Dikatakan Rustam, nilai alokasi anggaran untuk bangunan Poliklinik Rawat Jalan tersebut berkisar Rp25 Miliar. Tak hanya bangunan Poliklinik, Rustam juga mengusulkan agar RSUD Taman Husada Bontang membeli alat PCR.

“Alat itu tentu sangat bermanfaat di situasi pandemi saat ini, karena tidak hanya dapat digunakan saat pandemi Covid-19. Melainkan dapat difungsikan untuk mendeteksi virus atau penyakit lainnya,” terang Rustam.

Meski demikian, Rustam tak memaksa jika anggaran tahun 2021 belum memungkinkan untuk membeli alat PCR.

“Bisa gunakan opsi lain dengan membuat surat kerja sama dengan rumah sakit yang memiliki alat PCR,” ujarnya.

Selain itu, Rustam juga meminta pemerintah fokus melanjutkan pembangunan Pasar Citramas Loktuan di tahun 2021. Anggaran yang dibutuhkan, ditaksir mencapai sekitar Rp3 Miliar. Meliputi pembuatan pagar, pos jaga, dan rambu maupun fasilitas penunjang lainnya.

Baca juga : Pemkot-DPRD Bontang Siap Bahas APBD Tahun Anggaran 2021

“Tanpa fasilitas tersebut mustahil pasar bisa difungsikan,” imbuh dia.

Kemudian soal rasionalisasi anggaran di Sekretariat DPRD. Rustam menilai  pemangkasan anggaran dari Rp71,9 Miliar menjadi Rp69 Miliar sangat berdampak terhadap belanja kegiatan rutin. Seperti percetakan, foto copy,  sewa listrik dan lain-lain.

“Dari beberapa program usulan dari 10 OPD yang menjadi mitra kerja Komisi II, tiga usulan itu paling urgent,” tandas Rustam. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

(Visited 15 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!