Berlangsung Ketat, Seleksi Prajurit TNI AD Loloskan 20 Orang Putra Daerah

0 389

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto memimpin pelaksanakan Sidang Parade Pemilihan Calon Tamtama Prajurit Karier TNI AD Gelombang Pertama, alokasi khusus pulau terluar/Perbatasan/Pendalaman Tahun Anggaran 2019 di Aula Kodam VI/Mlw, Kamis (21/3/2019).

Para calon Tamtama yang mengikuti sidang parade sebanyak 40 orang dari 3 Provinsi yakni Kaltim, Kalsel dan Kaltara. Jumlah awal sebanyak 106 orang, tapi setelah melalui tahapan seleksi demi seleksi menyisakan 40 orang yang terdiri dari 9 orang suku Banjar, 16 orang Suku Dayak, 1 orang Suku Kutai, 9 orang Suku Paser, dan 5 orang Suku Tidung. Sidang Parade tersebut diawasi Tim Sub Panitia Pusat Kolonel Inf Suhardi dari Itjenad. Dari 40 putra terbaik asli Kalimantan tersebut telah terpilih sebanyak 20 orang.

Di hadapan para panitia seleksi, Pangdam VI/Mlw mengatakan seleksi penerimaan Prajurit Tamtama tahun ini dinilai cukup ketat dan selektif. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya KKN dan kecurangan-kecurangan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Menurut Pangdam, secara kuantitas maupun kualitas akan berpengaruh langsung bagi pembangunan kekuatan TNI Angkatan Darat, khususnya  Kodam  VI/Mulawarman ke depan.

“Oleh karena itu, dalam setiap proses penerimaan calon prajurit harus direncanakan secara baik, setiap tahap seleksi harus dilakukan secara ketat, dengan memenuhi persyaratan dan pertimbangan berbagai aspek penting, yang berorientasi pada kualitas Sumber Daya Manusia,” ujar Pangdam.

Ditambahkannya, perekrutan prajurit TNI AD bagi masyarakat khusus di daerah perbatasan merupakan wujud nyata langkah TNI AD dalam menjadikan daerah perbatasan/pulau terluar, sebagai daerah yang perlu diberikan perhatian lebih dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama. (Sigit/Pendam VI/Mlw)

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!