Kaltim Susah Air Bersih, DPRD Soroti Pengelolaan Pemda

Tio : Kenapa Swasta Bisa Sedangkan Pemda Nggak Bisa

0 57

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Minimnya ketersediaan air bersih bagi masyarakat kini mulai disoroti oleh DPRD Kaltim. Keluhan ini disampaikan hampir disetiap titik saat melakukan reses beberapa waktu lalu, tidak terkecuali di Samarinda.

Anggota DPRD Kaltim Daerah Pemilihan (Dapil) Samarinda Nidya Listiyono turut mendapat keluhan sama, hampir diseluruh wilayah yang dia kunjungi.

Menurutnya, sulitnya air bersih di Kaltim ini cukup menjadi beban tersendiri bagi masyarakat. Terkhusus pada warga di wilayah padat pemukiman, pedalaman, dan dataran tinggi.

Kata dia, semestinya dari Pemda menurunkan tim ahli untuk dapat menelusuri kendala-kendala di lapangan tersebut secara langsung. Kemudian, harus mengetahui kapasitas dari alat yang dimiliki oleh daerah, layak atau tidaknya atau mungkin terjadinya kebocoran air.

Tio mengatakan, dalam penyelesaian masalah ini perlu di dicari tahu titik masalahnya terlebih dahulu. Jika sudah diketahui, dapat dipelajari dan segera mencari solusinya.

Kemudian, lanjut dia, perlu dipetakan terlebih dahulu daerah-daerah mana saja yang bermasalah dengan air bersih. Ditelusuri siapa penyedia air bersih hingga kini. Karena beberapa tempat itu ternyata ada yang dari perusahaan swasta.

“Pertanyaannya kemudian, kenapa swasta bisa sedangkan Pemda nggak bisa,” ungkapnya ketika dikonfirmasi DETAKKaltim.Com beberapa hari lalu.

Dibeberapa titik di Samarinda, justru terdapat perusahaan air minum berbentuk swasta yang telah berlangsung dengan cukup lama.

“Kalau sudah lama itu kan nggak mungkin swasta rugi, pasti untung makanya bertahan. Jadi sebenarnya terkait ini mudah penyelesaiannya,” kata Tio, sapaannya.

Pemecahan permasalahan, kata dia, selain mencari tahu titik masalah dan upaya penyelesaiannya. Sumber daya manusia (SDM)pun perlu untuk ditingkatkan kapasitasnya.

“Jangan sampai ada anggaran, tapi SDM kitanya yang tidak siap,” ucapnya lebih lanjut.

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Kaltim ini membeberkan, tidak hanya di Samarinda yang mengalami kondisi kesulitan air, namun juga terjadi di wilayah-wilayah lainnya.

“Hanya saja, persentasenya saja yang berbeda.” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : Adt

Editor   : Lukman

(Visited 10 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!