Kadishub Kaltim Inspeksi Jembatan Dondang Pasca Ditabrak

Jembatan Dondang Ditabrak Tongkang Batubara Hanyut

0 42

DETAKKaltim.Com, MUARA JAWA : Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) AFF Sembiring melakukan inspeksi ke Jembatan Dondang, Muara Jawa, Kutai Kartanegara, Rabu (3/3/2021).

Inspeksi yang dilakukan Kadishub AFF Sembiring dalam rangka melihat secara langsung kondisi Jembatan Dondang, setelah ditabrak Ponton Batubara, Selasa (2/3/2021) Pukul 23:30 Wita.

Inspeksi ke sarana vital tersebut diikuti Kadis PUPR Provinsi Kaltim, Karo Infrastruktur, Karo Adbang, Ditlantas Polda Kaltim, Polairud, Camat Muara Jawa,  Kapolsek Muara Jawa, Kepala KUPP Kuala Samboja dan pihak penabrak.

Sebelumnya diterima informasi bahwa telah terjadi insiden Jembatan Dondang tertabrak Ponton yang terlepas dari tambat. Kapal Tongkang milik PT Prima Samudera Jaya bermuatan Batubara seberat kurang lebih 7.000 DWT menabrak Jembatan setelah Tongkang terlepas dari Tugboat Prima star 9 yang sedang tambat di Nipah-Nipah, kurang 2 Mil dari Jembatan Dondang,

Dari hasil inspeksi tersebut diputuskan beberapa hal di antaranya, Dinas PUPR akan menurunkan tim teknis untuk melakukan investigasi terhadap konstruksi dan kelayakan Jembatan, diperkirakan 7 hari.

“Akan dilakukan investigasi dan tindakan hukum yang akan dilaksanakan oleh Kepolisian dan KUPP Kuala Samboja, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi,” kata AFF Sembiring.

BERITA TERKAIT :

Pihak penabrak, lanjutnya, bertanggung jawab terhadap perbaikan Jembatan. Untuk lalu lintas diatas Jembatan dilakukan pembatasan kendaraan yang melintas maksimal MST 8 ton, sampai selesainya perbaikan.

Akan dilakukan pemasangan spanduk/tanda peringatan batasan kendaraan oleh Dishub Prov Kaltim. Ke depan dalam rangka peningkatan keamanan Jembatan, akan dilakukan rehabilatasi dan pembangunan fender oleh Dinas PUPR Provinsi Kaltim.

Diinformasikan bahwa saat ini awak Kapal dan barang bukti Tugboat dan Tongkang telah diamankan oleh Polsek Muara Jawa. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Dishub Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!