Kabar Kaltim Steril Sabtu-Minggu, Pengunjung Pasar Induk Sangatta Membludak

Marsiti : Kayak Mau Lebaran

0 165
DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Menyusul arahan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor yang  meminta seluruh masyarakat Kaltim tidak melakukan aktivitas di luar rumah setiap Sabtu dan Minggu, dengan istilah Kaltim Steril menuai beragam reaksi dari warga di Sangatta, Kutai Timur (Kutim).

Salah satunya, warga mulai berbondong-bondong berbelanja ke Pasar Induk Sangatta (PIS), Jum’at (5/2/2021) pagi. Pengunjung Pasar Induk Sangatta terlihat membludak, berbeda dari hari-hari biasanya.  Bahkan dikatakan salah seorang pedagang sayur mayur, Marsiti, suasana pasar hari ini seperti menjelang lebaran.

“Wah rame sekali pagi ini, kayak mau lebaran. Mungkin karena pasar mau libur dua hari,” ungkapnya.

Meski begitu, diyakini Marsiti sampai Pukul 10:00 Wita belum ada pengumuman resmi dari pengurus pasar, apakah Sabtu-Minggu besok pasar akan diliburkan.

“Katanya sih mau libur, tapi belum ada sih pengumuman, kalau memang tutup harusnya sudah ada pengumuman,” ujar Marsiti.

Ditambahkan Marsiti, seluruh pedagang bersepakat akan tetap berjualan jika tidak ada surat edaran resmi dari pengurus pasar.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Kepala Disperindag Kutim Zaini mengatakan, pihaknya baru akan melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Covid-19 untuk mencegah penyebaran Covid-19. Namun sejauh ini, pihaknya tidak ada wacana menutup pasar.

“Tentu kita akan rapat dengan Tim Gugus Covid-19, sambil melihat perkembangan lebih lanjut. Yang pasti sejauh ini tidak ada wacana penutupan pasar. Barangkali hanya pembatasan saja,” tegasnya.

Berita terkait : Kutim Terapkan Instruksi Gubernur, Aktivitas Cukup di Rumah

Zaini menyebutkan, sebelum pasar ditutup ada mekanisme yang harus dilakukan.

“Terlebih dahulu memberikan sosialisasi kepada pedagang maksimal 3 hari sebelum instruksi tersebut diberlakukan, kalau dadakan kasihan pedagang kita yang sudah menyetok dagangannya,” paparnya.

Meski begitu, Zaini memastikan pihaknya akan terus mengiatkan disiplin protokol kesehatan di lingkungan pasar, baik bagi pedagang maupun pengunjung.

“Kami giatkan terus disiplin Prokes, seperti yang dilakukan Tim Satgas Covid-19 yang melibatkan TNI-Polri,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : RH

Editor   : Lukman

(Visited 18 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!