Joko : DPKP Berjuang Padamkan Kebakaran BPBD Malah Nonton

0 51

DETAKKaltim.Com, KUTIM : Terjadi kebakaran hutan di Dusun Kenyamukan, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, Kutai Timur (Kutim), Senin (24/9/2018).

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kutim mulai lembur memadamkan api. Meskipun hal itu bukan merupakan kewajiban DPKP, melainkan kewajiban Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim.

BPBD Kutim memiliki kewajiban untuk memadamkan bencana kebakaran. Bukan DPKP. DPKP fokus untuk memadamkan api di pemukiman. Namun hal itu terbalik. BPBD malah tak memberikan bantuan pemadaman api. Namun DPKP yang bergerak aktif hingga api padam.

Hal itu menjadi keluhan tersendiri bagi DPKP. Seharusnya, BPBD yang berperan aktif di lapangan, bukan DPKP. DPKP sifatnya hanya membantu jika dibutuhkan.

“Tapi, saat itu kami yang justru konsentrasi memadamkannya. Sementara anggota BPBD hanya datang sebentar melihat, lalu pulang,” kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DPKP Kutim, Joko Sutikno saat ditemui DETAKKaltim.Com.

Katanya terjadinya kebakaran lantaran Kutim mulai memasuki kemarau. Meskipun sesekali hujan turun. Mengenai penyebab kebakaran, ia belum tahu pasti. Masih dalam proses penyelidikan.

“Kami hanya khawatir jika api di kawasan hutan gagal dipadamkan, sehingga merembet ke permukiman warga. Kalau nanti merembet ke permukiman, takutnya kami sudah kehabisan bahan bakar. Sebab, anggaran kami ini terbatas. Kami hanya diwenangi untuk mengatasi kebakaran permukiman, bukan hutan,” tegas Joko. (Aghwa)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!