Kebakaran Hutan Minim, Obsesi Amrullah Jelang Pensiun

Amrullah : Manajemen by Antisipation

0 154
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Meski baru 2 tahun memimpin instansi Dinas Kehutanan, namun Amrullah mantan Kepala Dinas Pertambangan Kaltim ini, pada  akhir tahun 2021 mendatang akan memasuki masa pensiun. Untuk itulah jelang usia pensiun tersebut, Amrullah mengurai harapan yang menjadi obsesinya, yakni Kaltim hijau dan tidak ada kebakaran hutan lagi.

Tak ada kebakaran hutan, adalah hal yang wajar diharap Amrullah, mengingat Kaltim telah meraih prestasi di tahun 2019 yang diapresiasi oleh pemerintah pusat, karena  bisa mengendalikan  kebakaran hutan sehingga harus dipertahankan.

Bagaimana meraih impian Kaltim hijau lestari tanpa kebakaran hutan, dijelaskan oleh Amrullah, persiapan mengendalikan kebakaran hutan, ada tim Masyarakat Peduli Api  (MPA) yang dibentuk dari perusahaan, dengan total hampir 3.600 relawan, serta dengan sosialisasi dan persiapan musibah kebakaran.

“Dengan kita punya manajemen by antisipation (antisipasi) bukan manajemen by accident (kejadian) sehingga kebakaran hanya sedikit terjadi  di tahun 2019,” bebernya.

Bahkan di tahun 2020, kata Amrullah,  tidak ada kasus kebakaran hutan, hanya ada sedikit pada lahan  yang bukan di kawasan hutan.

Baca juga : Fantastis! Kaltim Jual Carbon Potensi Dapat US$100 Juta

“Dengan melakukan pembinaan dan penyuluhan, serta  pemberitahuan kepada  perusahaan untuk menjaga ijin mereka agar tidak terjadi kebakaran, menjadi cara agar tak terjadi  kebakaran hutan lagi, semoga  hingga saya pensiun tahun Desember 2021,” urai Amrullah berharap.

Apa yang dilakukannya, kata Amrullah, hanya melaksanakan amanah pimpinan untuk  dilaksanakan dengan baik. Setiap kegiatan pasti punya kendala, tapi tetap harus dilaksanakan.

“Kecuali terjadi peristiwa yang uncontrolling, misal terjadinya bencana. Oleh sebab itu untuk menjaganya adalah dengan berdoa, agar bisa keluar dari bencana yang akan merusak hutan tersebut,“ pungkas Amrullah sambil tersenyum. (DK.Com)

Penulis : @my

Editor   : Lukman

(Visited 29 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!