Jalan Pendekat Jembatan Pulau Balang Butuh Rp1,2 Triliun

Samsun : Siap Beroperasi Jika Sudah Ada Jalan Pendekat

0 175

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur ( Kaltim) meninjau jalan pendekat Jembatan Pulau Balang sisi Balikpapan, Sabtu (13/2/2021).

Wakil Ketua DPRD Kaltim sekaligus Wakil Ketua Badan Anggaran Muhammad Samsun mengatakan, pengerjaan jalan pendekat masih butuh banyak dana tambahan.

“Pembebasan lahan kita membutuhkan dana sekitar Rp350 Milyar. Ditambah pengerjaan fisik sekitar Rp900 Milyar. Jadi kurang lebih kita butuh dana Rp1,250 Trilyun untuk rampungkan kedua sisi pendekat,” ungkap politisi PDIP Kaltim ini saat meninjau lokasi.

Meski butuh suntikan dana besar, Samsun bilang tetap harus dikerjakan karena Jembatan Pulau Balang sudah selesai dikerjakan, dan siap beroperasi jika sudah ada jalan pendekat.

“Melihat kondisi keuangan kita perlu beberapa tahun, jadi bertahap kita akan selesaikan,” terang dia.

Tahap pertama, kata Bendahara DPD PDIP Kaltim ini, akan dilakukan penentuan jalur jalan pendekat, kemudian pembebasan lahan. Selanjutnya baru pengerjaan fisik.

“Pada prinsipnya masyarakat itu oke saja, yang penting tanah itu dibebaskan, itu aja. Mendukung aja kalau ada pembangunan,” tegas dia.

Muhammad Ilyas, UPTD Wilayah I memohon dukungan agar pembangunan akses jalan pendekat kedua sisi di Jembatan Pulau Balang bisa terlaksana lancar.

“Kita doakan mudahan enggak ada kendala,” harapnya.

Baca juga : 5 Kades di Kukar Keluhkan Pertanian Terdampak Tambang ke Waka DPRD Kaltim

Jeni Carol, PPTK pengadaan lahan jalan akses sisi Balikpapan Jembatan Pulau Balang mengatakan Wali Kota Balikpapan sudah mengeluarkan SK penentuan lokasi, Desember 2020 lalu.

“Tahapan berikutnya adalah nanti dari Dinas Pekerjaan Umum akan meminta kepada BPN untuk meneruskan. Jadi tahun ini pekerjaannya nanti dibantu BPN dalam identifikasi lahan,” terang dia.

Sepanjang jalan pendekat itu, kata Jeni, ada tanah milik masyarakat maupun milik perusahaan. Karena itu perlu diindentifikasi BPN Balikpapan agar tak menemui masalah dikemudian hari.

“Untuk sisi Balikpapan panjang jalan pendekat kurang lebih 15 Kilometer, lebar bervariasi dari 80 sampai 100 meter,” tutup dia. (DK.Com).

Penulis : Zaki

Editor  : Lukman

(Visited 12 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!