Ikan Pasar Mangkurawang Aman Dikonsumsi

1 149

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Ketersediaan ikan di Pasar Mangkurawang Tenggarong dinyatakan aman untuk dikonsumsi. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kutai Kartanegara (Kukar) Dadang S Supriyatman, Kamis (9/6/2016).

“Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap bahan berbahaya terhadap ikan yang dijual di Pasar Mangkurawang, hasilnya negatif, itu berarti aman untuk di konsumsi,” ujar Dadang.

Dadang mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan rutin tiap tiga bulan satu kali, dan pemeriksaan baru-baru ini dilakukan menjelang Ramadhan.

Sementara, untuk ketersediaan ikan konsumsi saat Ramadan, Dadang mengatakan pasokannya aman. Hal tersebut karena belum ada keluhan atau laporan atas terganggunya ketersediaan ikan dari pembudidaya.

Dadang mengatakan, kebutuhan ikan di Kukar saat ini sekitar 72 kilogram perkapita per tahun, dan hal tersebut masih tercukupi bahkan berlebih, baik dari perikanan budidaya maupun perikanan tangkap baik air tawar maupun laut.

Dalam sehari kebutuhan ikan untuk Pasar di Tenggarong sekitar 7 ton, yaitu 4 ton ikan laut dan 3 ton ikan air tawar.  (HA)

 

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!