Pencarian Abijal Dihentikan, Korban Kecelakaan Kapal di Muara Wis

Dody: Hasil Koordinasi dengan Pihak Keluarga

0 34

DETAKKaltim.Com, MUARA WIS: Kerja keras Tim SAR Gabungan mencari Abijal (L/3 Tahun) korban kedua dalam kecelakaan Kapal yang melibatkan TB Entebe Emerald 51 Ponton, dengan Kapal Barang Berkat Indah 2020 di Perairan Muara Wis, Sungai Mahakam, hingga Hari Ke-7 pencarian masih nihil.

“Pukul 17:35 Wita, Tim SAR Gabungan melaksanakan debriefing setelah melaksanakan pencarian dengan hasil nihil,” jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan Dody Setiawan dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com.

Lebih lanjut Dody menjelaskan, pelaksanaan Operasi SAR selama 7 hari mulai tanggal 23-29 Maret 2024 tidak ada tanda-tanda ditemukannya korban Abijal.

“Hasil koordinasi dengan pihak keluarga dan potensi SAR, maka Operasi SAR dinyatakan selesai dan diusulkan untuk ditutup. Unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke Satuannya masing-masing, dilanjutkan kesiapsiagaan.” tandas Dody.

Meski korban tidak berhasil ditemukan, keluarga korban tetap menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pencarian ini.

“Kami dari pihak keluarga korban sangat berterima kasih kepada rekan-rekan Basarnas, maupun rekan-rekan yang lain,” kata salah seorang kerabat korban.

Baca Juga:

Pada pencarian Hari Ke-7 yang dimulai pada Pukul 07:10 Wita, Tim SAR Gabungan melaksanakan pencarian masih dibagi menjadi 2 Search Rescue Unit (SRU).

SRU 1, Tim SAR Gabungan melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian (LKP) menggunakan Speed Boat Satpolair Res Kukar, PB BPBD Kukar.

SRU 2, Tim SAR Gabungan melakukan pencarian dan penyisiran sejauh 20 Km arah Selatan dari LKP menggunakan Rubber Boat Disdamkar Kukar, Rubber Boat Basarnas.

Sebelumnya diberitakan, sebuah kecelakan Kapal dilaporkan terjadi di Perairan Muara Wis, Sungai Mahakam. Tepatnya di RT 10, Desa Muara Wis. Kapal Barang Berkat Indah 2020 dilaporkan tenggelam setelah ditabrak TB Entebe Emerald 51 Ponton, Sabtu (23/3/2024) Pukul 04:10 Wita.

Kronologis kejadian itu dilaporkan, pada saat posisi Kapal TB Entebe Emerald 51 selesai belok kanan. Tiba-tiba Kapal Barang Berkat Indah 2020 yang bermuatan Semen dan Besi serta bahan bangunan lainnya, proses melambung tanpa ada komunikasi di Radio dengan Kapal TB Entebe Emerald 51. Kapal Barang tersebut langsung melintang di haluan TB Entebe Emerald 51, dan terjadi Laka Air.

Akibat kecelakaan tersebut 5 orang jadi korban, 2 orang diantaranya dinyatakan hilang dan dalam pencarian. Pertama Abijal (3) jenis kelamin Laki-Laki, dan Azis.

Sedangkan 3 orang lainnya dinyatakan selamat masing-masing Ari, Nursidah, dan Ferdiansyah.  Korban Azis telah ditemukan, Senin (23/3/2024) dalam keadaan meninggal.

Sejumlah unsur ambil bagian selain Rescue Unit Siaga SAR Samarinda, di antaranya Polsek Muara Wis, ⁠Koramil Muara Wis, ⁠Sat Polair Res Kukar, ⁠BPD Muara Wis, ⁠BPBD Kukar, ⁠Sat Pol PP Kecamatan Kota Bangun. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 31 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!