TIM SAR Belum Temukan Korban Kecelakaan Kapal di Muara Wis

Riqi: Arus Cukup Deras di Sungai Mahakam

0 87

DETAKKaltim.Com, MUARA WIS: Hari Kedua pencarian korban kecelakaan Kapal antara TB Entebe Emerald 51 Ponton yang menabrak Kapal Barang Berkat Indah 2020 di Muara Wis, Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim, belum membuahkan hasil, Minggu (24/3/2024).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan Dody Setiawan dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com menyebutkan, pada Pukul 17:50 Wita Tim SAR Gabungan melaksanakan debriefing dengan hasil pencarian sementara nihil.

Pencarian hari ini dimulai pada Pukul 07:00 Wita, Tim SAR Gabungan yang melaksanakan pencarian dibagi menjadi 2 Tim Search Rescue Unit (SRU).

“SRU 1, Tim SAR Gabungan melakukan pencarian di sekitar LKP (Lokasi Kejadian) menggunakan Speed boat Satpolair Res Kukar, PB BPBD Kukar,” jelas Dody.

Sedangkan SRU 2, Tim SAR Gabungan melakukan pencarian dan penyisiran sejauh 6 Km arah Selatan dari LKP menggunakan Rubber boar Disdamkar Kukar, Rubber Boat Basarnas.

Dua korban dalam pencarian pada kecelakaan ini masing-masing Abijal (3), dan Azis. Keduanya merupakan korban yang berada di Kapal Barang Berkat Indah 2020.

Menurut Koordinator Operasi dari Unit Siaga SAR Samarinda Riqi Efendi yang memimpin operasi pecarian, kendala yang dihadapi di lapangan adalah derasnya arus Sungai Mahakam. Sehingga pencarian dilakukan dengan sangat hati-hati.

“Arus cukup deras di Sungai Mahakam, sehingga Tim SAR yang melakukan pencarian extra berhati-hati mengantisipasi insiden pada Tim SAR itu sendiri,” jelas Riqi.

Operasi SAR dilanjutkan kembali besok pada Pukul 07:00 Wita sesuai dengan rencana operasi H3, Tim berposko pada posisi 0°19’02.8″S 116°29’14.0″E.

Sejumlah unsur ambil bagian selain Rescue Unit Siaga SAR Samarinda, di antaranya Polsek Muara Wis, ⁠Koramil Muara Wis, ⁠Sat Polair Res Kukar, ⁠BPD Muara Wis, ⁠BPBD Kukar, ⁠Sat Pol PP Kecamatan Kota Bangun. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 78 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!