Festival Buen Ditutup, Warga Minta Diperpanjang

0 62

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Mustaqim MZ, Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) mengungkapkan  Festival Buen II tahun 2017 yang dilaksanakan di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, Kabupaten PPU, Kalimantan Timur, memperoleh respon positif  dan  dukungan penuh dari masyarakat. Salah satunya mereka yang memanfaatkan moment hiburan tersebut sebagai usaha berdagang.

“Bahkan ada yang minta kepada saya agar Festival Buen tidak ditutup dulu atau bisa  diperpanjang menjadi seminggu. Alasannya katanya dilokasi penyelenggaraan festival tersebut dagangan mereka sangat menguntungkan hingga berlipat ganda. Ini merupakan salah satu kegiatan Pemerintah daerah dalam rangka pemberdayaan ekonomi kerakyatan,“ kata Mustaqim MZ, di sela-sela penutupan Festival Buen II, Minggu (6/8/2017).

Melihat dukungan dan besarnya jumlah pengunjung di lokasi festival ini, kata Mustaqim, menunjukkan salah satu gambaran  bahwa kegiatan tersebut telah sukses dan berhasil dilaksanakan.

“Banyak nilai-nilai positif yang dapat diperoleh dalam kegiatan festival Buen ini. Salah satu yang menjadi ciri khas budaya bangsa kita adalah nilai gotong royong di lingkungan masyarakat. Festival Buen ini adalah keinginan masyarakat, semua dikerjakan secara bahu-membahu dengan cara bergotong royong,“ kata Mustaqim.

Lebih jauh, kata dia, festival Buen merupakan festival daerah yang menjadi agenda tahunan bagi Kabupaten PPU. Melalui festival ini berbagai seni dan budaya daerah dapat diperkenalkan kepada pengunjung baik lokal, nasional hingga manca negara. Termasuk objek-objek wisata yang ada di Kabupaten PPU.

“Memang wisata natural semacam festival Buen ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan manca negara. Mereka sangat tertarik dengan penampilan-penampilan yang unik dan tentunya tidak ada di negara mereka. Selain itu PPU juga memiliki berbagai objek wisata alam yang dapat kita perkenalkan kepada mereka seperti goa kembar, wisata air terjun, pohon agatis dan sebagainya,“ kata Mustaqim.

Menghadapi pasar global saat ini, lanjut Mustaqim, masyaraat tidak harus takut dengan kemajuan berbagai teknologi yang ada. Justru dengan kemajuan berbagai fasilitas, dapat mempermudah daerah untuk mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki.

Berita terkait : Hadir Seniman Mancanegara, Yusran Buka Festival Buen 2

“Bangsa kita Indonesia ini sangat kaya. Termasuk Kabupaten PPU. Berbagai kekayaan alam kita miliki yang tidak dimiliki oleh negara lain.

”Melalui event festival Buen ini kita berharap mampu menjual segala objek wisata daerah kita kepada wisatawan, baik lokal maupun manca negara sehingga pada akhirnya akan memberikan kemajuan bagi daerah khususnya Kabupaten PPU, “ tandasnya. (Humas6/LVL)

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!