Buen Festival Akan Diselenggarakan Kembali di Desa Bangun Mulya

2 372

DETAKKaltim.Com, PPU : Sudono, Kepala Desa (Kades) Bangun Mulya, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Tmur, menyampaikan di Desanya akan digelar festival Buen pada tanggal 26-29 Oktober 2018.

“Buen festival merupakan perayaan seni dan budaya yang menjadi agenda tahunan di Desa Bangun Mulya. Dan untuk Buen festival yang III ini mengambil tema Bekerai Lang Cura, yang artinya bersatu dalam keberagaman dan telah menjadi perhatian budayawan baik dalam maupun luar negeri,” ujar Sudono saat ditemui DETAKKaltim.Com di ruang kerjanya,  Selasa (18/9/2018).

Dari beberapa budayawan yang telah ikut menyaksikan pelaksanaan buen festival sebelumnya, Sudono lebih lanjut mengatakan, mereka menyampaikan ada keunikan tersendiri di penyelenggaraan Buen festival ini. Karena bukan hanya kesenian asli daerah saja yang ditampilkan, melainkan beberapa seni dan budaya dari daerah yang lain.

Bukan itu saja, masih kata Sudono, kegiatan nasional juga akan digelar di Desa ini yaitu kirab pemuda. Menjadi kebanggaan tersendiri  bagi Desa Bangun Mulya yang merupakan Desa termuda di Kabupaten Penajam Paser Utara, diberi kepercayaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pemprov Kaltim dan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara  menjadi salah satu titik singgah untuk kegiatan kirab pemuda yang berskala nasional tersebut.

Berita terkait : Festival Buen Ditutup, Warga Minta Diperpanjang

“Berkaitan dengan pelaksanaan buen festival sendiri target dan tujuannya selain sebagai ruang ekspresi kesenian dan kebudayaan, juga untuk menumbuhkan semangat gotong royong dan sebagai ajang silaturahmi bagi para penggiat seni dan budaya,” imbuhnya.

Buen festival ini mendapatkan respon yang  positif dari masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, karena selama acara ini berlangsung bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan ekonomi bagi masyarakat setempat dan juga masyarakat di luar Bangun Mulya yang berjualan di sepanjang lokasi kegiatan khususnya para pedagang kuliner. (amran)

(Visited 6 times, 1 visits today)
2 Comments
  1. Abdul Aziz says

    Di percaya jadi tuan rumah???????
    Emang sebelumnya buen festival ada di mana????
    Dari dulunya memang buen festival di dirikan di bentuk dan di bagun di desa bangun mulya!!!

  2. Buen Festival says

    Maaf pak Amran. Sekedar klarifikasi dari redaksi judul berita diatas. Bukan “Dipercaya jadi tuan rumah Festival Buen”.
    Mungkin maksud bapak dipercaya jadi tuan rumah kegiatan kirab pemuda nasional oleh kemenpora, yang memang diminta digabung dengan gelaran Buen Festival ke 3.

    sedangkan Buen Festival sendiri merupakan acara rutin tahunan di desa Bangun Mulya dimana tahun ini memasuki tahun ke 3 yang diprakarsai oleh para Pembakti Buen, tokoh tokoh adat, seniman seniman PPU dan juga Jaringan Kampung Nusantara serta warga PPU.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!