DPD Pejuang Bravo Lima Kaltim Dilantik, Pengurus Mayoritas Kontraktor

Berharap Kontrakor Lokal Dapat Bagian Pekerjaan Pembangunan IKN

0 187

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pejuang Bravo Lima Provinsi Kalimantan Timur resmi dilantik, Rabu (29/6/2022).

Pelantikan dilakukan secara virtual oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pejuang Bravo Lima Jenderal TNI (Purn) AD H Fachrul Razi. Pelantikan tersebut juga bersamaan dengan pelantikan 2 DPD lainnya, yakni DPD Pejuang Bravo Lima Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Prosesi Pelantikan Pengurus DPD Pejuang Bravo Lima Kaltim. (foto : LVL)
Prosesi Pelantikan Pengurus DPD Pejuang Bravo Lima Kaltim. (foto : LVL)

Ketua Umum DPP Pejuang Bravo Lima Jenderal TNI (Purn) AD H Fachrul Razi dalam sambutannya mengatakan, Pejuang Bravo Lima memiliki misi yang sangat mulia yakni membantu Pemerintah Pusat maupun Daerah untuk mewujudkan cita- cita proklamasi membangun Indonesia yang merdeka, Bersatu, dan berdaulat.

“Awalnya Pejuang Bravo Lima merupakan relawan pendukung Joko Widodo pada pilpres 2014 dan pilpres 2019, namun karena relawan ini solid dan sudah tersebar di seluruh Indonesia, bahkan ada di luar negeri, sehingga ada usulan jika Relawan Bravo Lima dijadikan Ormas. Pejuang Bravo Lima memiliki misi yang sangat mulia, yakni membantu Pemerintah Pusat maupun Daerah untuk mewujudkan cita- cita proklamasi membangun Indonesia yang merdeka, Bersatu, dan berdaulat,” Kata Jenderal TNI (Purn) AD H Fachrul Razi.

Lebih lanjut mantan Menteri Agama tersebut mengatakan, siapapun memimpinnya, baik di daerah maupun pusat, maka Pejuang Bravo Lima wajib untuk mendukungnya.

Terkait Pemilu serentak 2024, Fachrul Razi menghimbau agar tetap satu suara, dan tetap menghormati jika terjadi perbedaan pilihan.

“Untuk 2024 kita harus kompak, dan satu suara, namun jika ada yang beda pilihan, kita hormati. Karena jangan sampai karena berbeda pilihan, membuat organisasi kita terbelah.” jelasnya.

Baca Juga :

Sementara itu, Ketua DPD Pejuang Bravo Lima Provinsi Kalimantan Timur Thomas Novi Handriawan mengatakan, Pejuang Bravo Lima di Kalimantan Timur akan menjadi pembeda dari Ormas-Ormas yang lain. Ia juga berkomitmen akan menjalankan visi dan misi organisasi, selaras dan satu suara dengan DPP.

“Kami bertekad ke depan, semua visi misi harus selaras dengan DPP, sehingga visi dan misi Bravo Lima akan tercapai di Kalimantan Timur,” ujarnya.

Thomas Novi juga menambahkan, 70 persen pengurus DPP Pejuang Bravo Lima dari kontraktor, sehingga pihaknya akan terlibat penuh dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“70 persen pengurus kami adalah kontraktor, 10 persen adalah pengacara, dan sisanya politisi dan akademis. Tentu ini menjadi modal bagi kami, untuk turut bersama-sama membangun IKN Nusantara,” jelasnya.

Disinggung mengenai agenda ke depan pasca pelantikan terkait pengembangan struktur Pejuang Bravo Lima ke daerah-daerah, Thomas Novi menjelaskan karena ini sudah ada koordinator wilayah ke depan akan melakukan pembentukan pengurus di tingkat Kabupaten hingga tingkat Ranting. Namun, hal itu akan dilakukan setelah Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Jakarta bulan depan.

“Agustuslah mulai gerak ke daerah dan selesai akhir tahun,” jelas Thomas.

Karena sebagian besar pengurus Pejuang Bravo Lima ini kontraktor, iapun berharap dapat bagian pekerjaan di IKN itu. Minimal 20 sampai 30 persen bisa didapatkan kontraktor lokal.

“Itu yang nomor satu yang akan kami fokus ke situ, 20 sampai 30 persen ajalah. Apa lagi sekarang udah mulai Rp1,6 Trilyun sudah mulai lelang,” ungkap Thomas.

Menimpali keterangan Thomas, Sekretaris DPD Pejuang Bravo Lima Priskila Evalianitha Randabunga mengatakan, jika pekerjaan dimenangkan kontraktor luar maka Uangnya akan dibawa keluar semua sehingga tidak beredar di Kaltim. Namun jika pekerjaan itu dikerjakan kontaktor lokal, maka Uangnya akan tetap beredar di Kaltim.

“Kalau di sini yang jadi Subkonnya kan Uangnya beredar di sini, supaya ada percepatan pembangunanlah.” tandas Eva.

Pelantikan DPD Pejuang Bravo Lima Kaltim yang digelar di Hotel Midtown Samarinda, juga dihadiri mantan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan mantan Calon Wali Kota Samarinda Zairin Zain. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Gladis/LVL

Editor   : Lukman

(Visited 68 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!