BNNK Samarinda Sosialisasi Bahaya Narkoba di KM Adhitya dan Queen Soya

Antisipasi Peredaran Narkoba Saat Angkutan Lebaran

0 67

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Upaya pencegahan peredaran Narkoba terus dilakukan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Samarinda. Tidak hanya dilakukan dengan penindakan, namun dengan penyuluhan maupun sosialisasi langsung ke masyarakat.

Hari ini, BNNK Samarinda bersama Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II, serta Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda melakukan penyuluhan di pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso, dengan sasaran penumpang kapal, Kamis (6/4/2023).

Tidak hanya mengajak penumpang kapal untuk ikut serta berantas Narkotika, namun dilakukan pemasangan stiker berisi ajakan hindari Narkotika disejumlah sudut kapal.

Terdapat 2 kapal yang dilakukan pemasangan stiker, KM Adhitya dan KM Queen Soya. Tidak hanya penumpang kapal yang jadi target sosialisasi, namun juga buruh, serta pedagang di sekitar pelabuhan.

Kepala BNNK Samarinda Kombespol Wiwin Firta  menerangkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program yang terdapat di Seksi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Ini salah satu langkah untuk bentengi penumpang, agar tidak terlibat peredaran maupun penggunaan Narkotika. Selain di kapal, juga dilakukan pencegahan di angkutan umum lainnya, seperti darat dan udara,” ucap Wiwin.

Ia menjelaskan, kegiatan sosialisasi bahaya Narkoba dilakukan terhadap penumpang kapal, mengingat jalur peredaran Narkoba juga kerap menggunakan jalur laut, menggunakan kapal barang maupun kapal penumpang lintas Provinsi.

Baca Juga:

Hal ini juga dilakukan untuk mencegah munculnya jalur sindikat peredaran Narkotika baru, terlebih Kaltim ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN)

“Jangan sampai jalur baru terbuka lebar, apalagi Kaltim jadi Ibu Kota Negara (IKN),” ungkapnya.

Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli (KBPP) KSOP Kelas II Samarinda Ridha Gamat menyambut baik upaya pemberantasan narkotika yang dilakukan BNNK Samarinda.

“Ini sebagai sinergi untuk menjamin keamanan dan keselamatan penumpang, selama angkutan lebaran. Supaya tidak ada yang menyalahgunakan maupun mengedarkan Narkoba.” papar Ridha. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis/Humas

Editor: Lukman

(Visited 12 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!