Hadapi Lebaran 1444 H, BASARNAS Balikpapan Siapkan 102 Personil

Melkianus: Untuk Memberikan Rasa Aman Bagi Masyarakat

0 111

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Kantor BASARNAS Balikpapan melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Sarana di halaman Kantor BASARNAS Balikpapan, Jum’at (14/4/2023).

Menurut Kepala Kantor BASARNAS Balikpapan Melkianus Kotta, kegiatan ini dalam rangka Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran tahun 2023/1444 H.

“Tujuan dari pelaksanaan penyelenggaraan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2023, untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat yang melakukan kegiatan mudik lebaran menggunakan moda transportasi laut, udara, darat serta lainnya,” jelas Melkianus.

Unutk itu, lanjut Melkianus, pelaksanaan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2023 seluruh personil dan sarana yang dimiliki BASARNAS khususnya di Wilayah Kalimantan Timur, akan dimaksimalkan untuk standby di titik-titik yang dianggap rawan terjadinya kecelakaan.

“Terkhusus Pelabuhan-Pelabuhan penyeberangan, Bandara-Bandara, tempat-tempat wisata, dan Jalan Tol,” jelas Melkianus.  

Selain itu, masih kata Melkianus, kegiatan ini juga untuk mengantisipasi terjadinya kondisi kedaruratan selama Angkutan Lebaran.

Apel Siaga ini diikuti 102 peserta, dari BASARNAS Balikpapan berjumlah 82 orang. Sedangkan Perwakilan Relawan 20 orang. Keseluruhannya akan melaksanakan Siaga SAR khusus Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 H.

Baca Juga:

Para personil tersebut akan tersebar di beberapa lokasi, masing-masing Balikpapan 88 orang. Kutai Timur 6 orang, Samarinda 6 orang, dan Berau 5 orang.

Selain personil, sejumlah sarana perairan juga disiapkan untuk mendukung operasi di lapangan. Di antaranya 1 unit KN Wisanggeni 40 meter, yang standby di Dermaga Somber Balikpapan.

1 unit RB 408 standby di Dermaga Somber Balikpapan, 3 unit RIB di Balikpapan, Berau, Kutai Timur. Dan 10 unit Rubber Boat di Balikpapan, Kutai timur, Samarinda, Berau.

Sedangkan sarana darat 1 unit Rescuer Truck Compartemen, 2 Rescue Car Compartemen, 5 unit Rescue Truck Personil, 6 unit Rescue Car.

Melkianus mengungkapkan, waktu pelaksanaan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2023 / 1444 H  selama 21 hari. Terhitung mulai dari 13 April 2023 sampai 3 Mei 2023.

Dalam pelaksanaannya, kata Melkianus, Tim BASARNAS tetap berkoordinasi, komunikasi dan kerja sama dengan instansi terkait. Baik dengan TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Potensi SAR, dan Relawan yang ada di wilayah kerja Kantor BASARNAS Balikpapan, Kalimantan Timur. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!