Anggota PPK Pilkada Balikpapan Dilantik

0 32

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : KPU Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan pengambilan sumpah janji dan pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Tahun 2020, Sabtu (29/2/2020).

Pelantikan PPK ini diselenggarakan di Hotel Royal Suite Balikpapan yang dihadiri jajaran Forkopimda, Polresta, Danlanal, Danlanud, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Danramil, Kesbangpol, Ketua IWAPI, tokoh agama, tokoh paguyuban, tokoh wanita, dan pengurus partai Politik, serta Wali Kota Balikpapan yang diwakili Asisten 1.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menyampaikan kepada anggota PPK yang sudah dilantik agar mengetahui regulasi. Selain itu juga sangat diharapkan untuk lebih menjaga netralitas.

“Jika tidak terjaga netralitas, Pilkada ini dianggap cacat. Sangat diharapkan kepada rekan-rekan media dan seluruh lapisan masyarakat untuk mengawasi kinerja dari petugas PPK, PPS, dan seluruh penyelenggara Pilkada ini,” kata Noor Thoha.

Setelah pelantikan ini akan diberikan pembekalan agar petugas PPK tahu akan tugas, kewajiban, dan wewenangnya. Kemudian pengawasan internal jika ada melakukan pelanggaran tentu ada sanksi yang diberikan KPU, baik sanksi etik maupun sanksi pidana.

Wali Kota Balikpapan yang diwakilik Asisten 1 Saiful Bahri mengucapkan selamat kepada seluruh petugas PPK yang sudah dilantik.

“Sebagaimana diketahui bersama bahwa Pemilu adalah salah satu perwujudan pelaksanaan demokrasi, yang pada prinsipnya diselenggarakan sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam memilih kepala daerahnya,” kata Saiful.

Salah satu tolak ukur keberhasilannya, kata Saiful lebih lanjut, tingginya tingkat partisipasi masyarakat.

“Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, maka semakin tinggi tingkat legitimasi sebuah Pemilu itu sendiri,” kata Syaiful. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!