Anggota DPRD Balikpapan Minta Metode Pembelajaran Ditinjau

Parlindungan : Agar Anak-Anak Dapat Mengatur Waktu Istirahat

0 72

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Anggota Komisi 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Parlindungan Sihotang, turut prihatin atas metode pembelajaran yang diberikan kepada anak-anak sekarang.

Dengan metode belajar di sekolah dari pagi berangkat ke sekolah Pukul 07:00 sampai Pukul 16:00 sore, ditambah pula dengan pekerjaan di rumah (PR) yang hampir separuh halaman harus diselesaikan. Dinilainya sangat sempit waktu luang untuk anak-anak.

Sebagai pembuat aturan dari sebuah kebijakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diminta agar dapat mempertimbangkan kembali atas metode pembelajaran di sekolah. Baik SD, SMP dan SMA/SMK.

Parlindungan menyarankan, anak-anak di sekolah dikembalikan seperti diawal saja. Pulang jam 12, namun Senin sampai dengan Sabtu tetap sekolah.

“Dengan dikembalikannya sistem seperti ini, agar anak-anak dapat mengatur waktu istirahat yang cukup dan di sore harinya masih bisa belajar atau bisa mengeksplor hobinya,” jelas politisi Partai NasDem tersebut, Kamis (17/11/2022).

Iapun meyakini dengan metode seperti saat ini, peserta didik tidak akan mampu menyerap pelajaran yang diberikan.

“Terus terang saja dengan durasi belajar yang begitu panjangnya, dapat diyakini anak-anak tidak akan menyerap pelajaran yang disampaikan oleh pihak sekolah,” kata Parlindungan.

Baca Juga :

Menurutnya, anak-anak di sekolah tidak perlu lagi diberikan kegiatan pembelajaran di rumah. Karena formalnya, pembelajaran itu sudah dilakukan di sekolah.

“Harapan saya sebagai anggota DPRD, bahwa pembelajaran sistem yang dijalankan sekarang ini anak-anak kami belum siap. Semoga saja pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan bisa menyederhanakan kembali aturan tersebut, agar anak-anak di sekolah tidak lagi harus dikejar waktu. Namun bisa meluangkan waktunya untuk santai bersama keluarga, dan menyalurkan hobinya.
“ tandas Parlindungan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!