Aliansi Mahasiswa Unmul Tuntut Digratiskan UKT

Dampak Covid-19, Kholis : Banyak Yang Merasa Kesulitan Untuk Bayar UKT

0 109
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sekelompok mahasiswa ngluruk ke Gedung Rektorat Universitas Mulawarman, mereka menuntut digratiskan Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester genap tahun ajaran 2020-2021, Selasa (12/1/2021) siang.

Para mahasiswa tersebut mengatasnamakan dirinya Aliansi Mahasiswa Unmul yang berasal dari berbagai elemen mahasiswa.

Humas aksi Kholis mengatakan, dalam aksi kali ini terdapat 4 hal yang menjadi tuntutan di antaranya, menolak Surat Keputusan (SK) Rektor Unmul Nomor : 02/KU/2021, menggratiskan UKT semester genap, transparansi anggaran Universitas Mulawarman, dan menolak penerapan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) di Unmul.

Mengenai SK Rektor ini, dikatakan Kholis terdapat beberapa hal yang dianggap janggal, yakni tidak berlandaskan unsur sosiologis, yuridis, dan filosofis.

Mengingat, saat ini masyarakat sedang diterpa pandemi Covid-19 yang membuat perekonomian masyarakat menurun drastis, bahkan jutaan warga yang terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Orang tua mahasiswa yang terdampak PHK, banyak yang merasa kesulitan untuk bayar UKT. Kami hadir perjuangkan itu, karena jangan sampai ada kawan kami putus kuliah akibat tidak mampu bayar UKT,” terangnya.

Baca juga : Dini Hari Satresnarkoba Polres Kutim Ciduk Residivis

Menurutnya, dalam SK Rektor tersebut, terdapat unsur ketidakadilan, karena hanya mahasiswa Sarjana yang telah menempuh semester 10 dan Diploma semester 8 saja yang bisa mendapatkan potongan sebesar 50 persen. Sedangkan yang lainnya harus membayar tanpa ada potongan.

“Tidak ada pemerataan, lebih baik digratiskan untuk seluruh mahasiswa, karena saat ini kamipun tidak menggunakan fasilitas kampus,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : nta

Editor   : Lukman

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!