330 Jenazah Terkonfirmasi Positif Covid-19 Sepanjang 2020

BPBD Samarinda Himbau Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

0 106
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sejak awal pandemi Covid-19 menyerang Samarinda Februari hingga Desember 2020 saat ini, tim pemakaman untuk jenazah berstatus positif Covid-19 telah memakamkam 330 orang, baik pemakaman biasa maupun melalui metode kremasi.

Selasa (29/12/2020) kemarin, tim yang menangani pemakaman dengan protokol Covid-19 telah memakamkan sebanyak 5 jenazah. Berstatus positif Covid-19 sebanyak 3 orang, dan hasil tes swab yang masih berproses 2 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ifran menuturkan, prosesi pemakaman menjadi dua tahap.

“Tadi pagi kami memakamkan 3 jenazah, malam ini kami kembali melakukan pemakaman pada 2 jenazah,” ucapnya.

Kelima jenazah yang baru saja dimakamkan di antaranya dua orang berjenis kelamin laki-laki dan sisanya perempuan. Rata-rata jenazah yang dimakamkan memiliki penyakit bawaan (comorbid).

“Masing-masing almarhum dan almarhumah memiliki penyakit bawaan yang memang rawan,” jelasnya.

Baca juga : Hamri Has Sayangkan Penghentian Aktivitas FPI

Masing-masing jenazah dijemput dari rumah sakit yang berbeda untuk menuju ke pemakaman Raudhatul Jannah, Jalan Serayu, Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara, namun sebelumnya telah melaui proses pemulasaran.

Dari banyaknya yang telah dimakamkan, Ifran juga turut mengimbau untuk masyarakat Kota Tepian agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan. Bertepatan jelang pergantian tahun baru ia berharap warga tak menimbulkan kerumunan, mengingat penyebaran virus asal Wuhan, China itu sangat cepat menular di kerumunan. (DK.Com)

Penulis : nta

Editor  : Lukman

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!