Dinas Koperasi UMK Kutim Berikan Pelatihan Pengemasan Produk

Darsfani: Pelatihan Packaging Ini

0 60

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Sebanyak 30 pelaku UMKM dari 9 Kecamatan di Kutai Timur (Kutim), mengikuti pelatihan tentang pentingnya pengemasan produk dengan baik dan menarik yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM Kutai Timur (Kutim).

Kepala Diskop dan UKM Kutim Darsafani mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap produk-produk yang dihasilkan. Salah satunya UMKM dengan kemasan yang belum baik atau menarik.

Menurutnya, kemasan produk sangat penting sebelum dijual ke pasaran dan bisa meningkatkan nilai jual dari produknya. Sebab, larisnya sebuah produk juga tergantung dari manisnya kemasan yang ditampilkan.

“Kita berharap memang UMKM-UMKM kita apalagi sekarang sudah digital, kalau tidak di-packaging bagus, orang siapa yang yang tertarik beli plastikan. Sehingga, kita sekarang dorong dengan pelatihan packaging ini, harapan kita nanti temen-temen itu pulang sudah membawa dummy packaging dan langsung bisa dicetak,” katanya, Rabu (3/5/2023).

Mariati, salah satu peserta mengaku selama ini memang tidak terlalu memperhatikan kemasan dari produk yang dihasilkan. Ia hanya fokus bagaimana produknya cepat laku di pasaran, dan kemudian berproduksi kembali.

“Tadinya kemasan saya kurang menarik ya, mungkin kalau kemasan seperti ini (plastik) hanya pasar tradisional. Dengan pelatihan ini Insya Allah saya bisa memasukkan ke pasar modern. Jadi bisa diterima di pasar modern. Kalau yang kemasan lama kan mungkin di pasar modern kurang diterima.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV

Editor: Lukman

(Visited 56 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!