MENGABDI 13 TAHUN, MARIANI PENYULUH PERIKANAN RAIH PENGHARGAAN

0 597

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Penyuluh Perikanan Kecamatan Muara Bengkal, Mariani (38) mendapat Penghargaan Penyuluh Teladan se-Kabupaten Kutai Timur.

Hal itu sangat tidak disangka-sangka olehnya, sebab selama 13 tahun menjadi Penyuluh Perikanan, baru kali ini ia mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim.

Ia mengaku bangga dan lebih termotivasi lagi, untuk membuat program inovasi yang bermanfaat bagi warga Kecamatan Muara Bengkal.

Selama ini, di Kecamatan Muara Bengkal ia melihat baru ada 2 Desa yang fokus mengolah Ikan Asin Air Tawar hasil tangkapan dari perairan umum.

Dari 7 Desa yang ada, Desa Senambah dan Desa Mulupan sebagai sentra pengolahan Ikan Asin Air Tawar, sedangkan Desa lainnya banyak berperan dalam membudidayakan Ikan Patin dan Nila.

“Ke depan kami berencana akan mengubah sistem budidaya ikan, dengan menggunakan sistem bioflok,” beber Mariani.

Baca Juga:

Warga di Kecamatan Muara Bengkal tidak ada yang melaut, kata Mariani lebih lanjut, sebab di wilayahnya tidak ada Laut sehingga hanya memanfaatkan perairan umum atau Danau.

Ditambah saat ini kondisi pelaku UMKM yang menangkap dan mengolah ikan telah tergerus, oleh keberadaan Perkebunan Kelapa Sawit.

“Dulu banyak yang jadi Nelayan, tapi semenjak ada Perkebunan Sawit, banyak juga warga yang beralih,” tuturnya. (DETAKKaltim.Com)

Naskah/Video: HB/Adv.

Editor: Lukman

(Visited 586 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!