Program Vokasi SMK Turunkan Angka TPT Kaltim

 Tingkat Pengangguran Di Kaltim Di Bawah Rata-Rata Nasional 

0 28

DETAKKaltim.Com,: SAMARINDA : Tingkat pengangguran dengan pendidikan tertinggi  tamatan khususnya SMK, mengalami penurunan yang cukup banyak. Dimana berkat program vokasi yang sudah disiapkan oleh SMK tersebut, memberikan kontribusi yang positif dalam rangka penurunan tingkat pengangguran terbuka di Kaltim.  

Ini seperti yang diakui Rozani Erawadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Profinsi Kaltim.

 “Pada Sakernas (Survei Angkatan Kerja) tahun 2022, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kaltim adalah 5,71 persen,” terang Rozani, Kamis  (30/11/2023).  

Pada Sakernas  2023 TPT di Kaltim adalah 5,31 persen, sedangkan secara nasional 5,32 persen.

 “Artinya Kaltim rata-rata di bawah Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia, walau di Provinsi yang lain juga masih rendah dibanding kita, “ terang Rozani.  

Rozani mengajakn terus berjuang untuk mengupayakan penurunan tingkat pengangguran terbuka dari  SMK, dengan pembenahan yang bagus. Walau saat ini SMK sudah memberikan kontribusi yang positif, dalam penurunan tingkat pengangguran terbuka kita.

  “Melalui TKDV (Tim Koordinasi Daerah Vokasi) pendidikan dan pelatihan vokasi,  diupayakan dikoneksikan dengan pasar kerja. Artinya kita berharap bahwa adanya pendidikan dan pelatihan, dapat memastikan peserta pendidikan pelatihan ke pasar kerja yang tersedia,” jelasnya.

Baca Juga:

Sehingga, lanjutnya, dapat terserap atau ditempatkan di pasar kerja pada sektor-sektor pekerjaan formal dan itu  sudah jalan.

Program Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi, yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menerapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja, dan mampu bersaing secara global.

“Dimana berkat Program Vokasi tersebut, dari hasil berita resmi statistik kita ketahui presentase TPT Kaltim, mengalami penurunan yang cukup tajam dalam 3 tahun terakhir.“ pungkas Rozani. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kaltim)

 Penulis :@my 

Editor: Lukman

(Visited 23 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!