Wakil Ketua DPRD Bontang Khawatir Silpa 2023 Meningkat

Serapan Anggaran Stagnan di 40 Persen

0 67

DETAKKaltim.Com, BONTANG: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang Agus Haris menyoroti serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bontang, Kalimantan Timur, hingga Oktober 2023 masih stagnan di angka 40 persen. 

Menurut pria yang akrab disapa AH itu, rendahnya serapan anggaran ini berpotensi menimbulkan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa).

Jika hal ini terjadi, maka anggaran yang telah dialokasikan untuk berbagai program dan kegiatan akan kembali ke kas daerah. Dan nantinya dapat mengurangi alokasi yang diterima daerah, pada tahun anggaran berikutnya.

“Padahal, serapan anggaran ini sangat penting untuk memastikan berbagai program dan kegiatan dapat terlaksana dengan baik,” ujar Agus Haris, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga:

Oleh sebab itu, Agus Haris mendesak Pemerintah Kota Bontang untuk meningkatkan serapan anggaran. Ia berharap, pada November 2023 ini, serapan anggaran sudah mencapai titik 80 persen.

Agus Haris meragukan kemungkinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mencapai target serapan anggaran 100 persen. Pasalnya, waktu yang tersisa untuk penyerapan anggaran sudah semakin terbatas.

“Oleh karena itu, Pemerintah Daerah perlu mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan serapan anggaran.” ujarnya. (DETAKKaltim.Com/ADV/DPRD Bontang)

Penulis: Lb

Editor: Lukman

(Visited 63 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!