EL Nino Sebabkan Penurunan Produksi Pangan

Kenaikan Harga Bahan Pokok Tidak Terelakkan

0 98

DETAKKALTIM.Com.SAMARINDA: El Nino memberikan beberapa dampak yang signifikan di Indonesia, di antaranya kekeringan, kekurangan air bersih, gagal panen, serta kebakaran. Begitu juga yang terjadi di Kaltim, dimana akibat El Nino, beberapa sentra produksi pangan sama seperti nasional mengalami penurunan produksi.

Hal ini diakui Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Heni Purwaningsih belum lama ini.

“Akibat El Nino berdampak pada beberapa sentra produksi, kita secara nasional melakukan kebijakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Seperti Beras, Kedelai, dan Cabe Rawit Merah,“ kata Heni mengawali pembicaraan.

Begitu pula di Kaltim, lanjut Heni, walau secara umum pasokannya aman, namun kenaikan harga bahan pokok, tidak terlepas akibat  beberapa sentra produksi pangan mengalami musim kemarau sehingga produksinya turun.

Baca Juga:

El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah, yang dampaknya juga sampai ke Kaltim.

Untuk itu, antisipasinya menurut Heni, para pedagang mencari beberapa daerah yang lain untuk menjaga pasokan mereka. Jika biasa pedagang mendapat pasokan dari Jawa Timur, maka mereka mencoba cari pasokan dari Sulawesi seperti itu.

“Ditambah kita Kalimantan Timur sudah melakukan beberapa kerja sama perdagangan, dengan beberapa Provinsi daerah penghasil. Kita sudah ada kerja sama dengan Sulawesi Barat dengan Sulawesi Selatan, termasuk dengan Jawa Timur dan beberapa Provinsi lain,“ imbuhnya.

Daerah-daerah tersebut merupakan produsen, yang bisa memasok kebutuhan masyarakat di Kaltim.

“Secara teknis mereka adalah daerah produsen, yang bisa memasok kebutuhan barang atau kebutuhan pokok untuk masyarakat Kalimantan Timur.“ pungkas Heni. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kaltim)

Penulis : @my

Editor: Lukman

(Visited 93 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!