Deklarasi 7 CDOB Se-Kaltim di Titik Nol IKN Sempat Memanas

Peserta Deklarasi Dilarang Masuk ke Titik Nol

0 190

DETAKKaltim.Com, SEPAKU: Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2023, 7 Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) di Kalimantan Timur (Kaltim) mendeklarasikan diri di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sepaku, Jum’at  (10/11/2023) Pukul 16:00 Wita.

Ketujuh CDOB tersebut masing-masing CDOB Kutai Utara, Paser Selatan, Berau Pesisir Selatan, Kota Kutai Pesisir, Kutai Tengah, Kota Samarinda Baru, dan Benua Raya.

Ketua Forkoda Pengurus Pusat DOB seluruh Kaltim Majedi Darham didampingi seluruh perwakilan CDOB di Kaltim membacakan manifesto CDOB tersebut, yang disaksikan sekitar tiga ratusan masyarakat dari masing-masing CDOB.

Berikut Manifesto Deklarasi 7 CDOB di Kaltim.

Dari deklarasi ini, Majedi berharap kepada Presiden Jokowi agar bisa meninggalkan warisan berupa pemekaran wilayah di Kaltim.

Harapan kita Pak Presiden meniggalkan legacy (warisan-red),untuk menyetujui pemekaran daerah atau otonomi di Provinsi Kalimantan Timur,” kata Majedi usai membacakan manifesto CDOB Kaltim.

Di tempat yang sama, inisiator pembentukan CDOB Samarinda Baru Jafar Abdul Gaffar mengatakan deklarasi ini merupakan bagian dari keinginan untuk mendukung adanya IKN di Kaltim.

Dengan adanya deklarasi yang melibatkan 7 Kabupaten/Kota kita sangat mengharap kepada pimpinan yang ada di pusat, bahwa ini bahagian dari pada keinginan kita untuk mendukung adanya IKN,” tegas Jafar.

Meski sempat mendapat kendala sehingga situasi memanas saat hendak masuk ke lokasi Titik Nol IKN Nusantara, lantaran mendapat larangan masuk. Namun pada akhirnya kegiatan yang telah mendapat izin dari Otorita Ibu Kota Nusantara Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Thomas Umbu Pati itu, dapat terlaksana dengan baik. (DETAKKaltim.Com)

Penulis LVL

(Visited 185 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!