Sekda Kukar Dorong Efektifkan Koordinasi Melalui Group WA

Sunggono: Bentuklah Grup WA

0 78

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ungkap peran penting tugasnya sebagai Sekretaris, yakni mengkoordinasikan fungsi-fungsi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan memberikan masukan kepada Pimpinan Pemerintah Daerah.

Dalam peran koordinasi, ia memastikan agar semua OPD beroperasi secara efisien dan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan, serta berkolaborasi untuk mencapai tujuan daerah.

Sementara itu, dalam memberikan masukan, ia berperan sebagai penasihat utama bagi Kepala Daerah, memberikan pandangan strategis dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi perkembangan daerah.

Hal tersebut ia sampaikan dalam FGD bertemakan “Penguatan Tugas dan Fungsi TKKSD dalam Prespektif Peraturan Permendagri 22 Tahun 2020 dan Permendagri 25 Tahun 2020”, di Hotel Mercure Samarinda, Jum’at (20/10/2023).

“Jadi kalau kali ini banyak masukan, dan kalau untuk hal itu perlu adanya fasilitasi dari Bagian Kerjasama, tolong disampaikan. Itu yang penting dari esensi FGD kita,” beber Sunggono.

Baca Juga:

Lebih lanjut ia sampaikan, menurutnya TKKSD merupakan tim yang menitikberatkan pada koordinasi. Untuk itu, koordinasi akan menjadi ruh utama yang akan menggerakkan FGD ini kepada arah yang semestinya.

“Pekerjaan ini mudah diucapkan dengan kata-kata. Namun susah dipraktekkan, zoom meeting dan pembentukan Gruop Whatsapp itu sebenarnya sudah bentuk dari koordinasi,” ungkapnya.

Koordinasi saat ini menurutnya lebih cair atau lebih mudah dilakukan ketimbang di masa lampau, yang mengharuskan pertemuan secara offline atau tatap muka.

“Karena dari WA banyak yang bisa kita selesaikan, untuk membantu mengkoordinasikan permasalahan yang ada,” ujarnya.

Akhir kesempatan ia mengingatkan agar seluruh OPD tidak pernah bosan untuk berkoordinasi.

“Bentuklah Grup WA, jadi seandainya ada yang penting berkenaan dengan fungsi TKKSD dan OPD bisa tersampaikan dengan lebih cepat.” tutup Sunggono. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 70 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!