Sekda Kukar Minta TKKSD Prioritaskan RPJMD

Sunggono: Pilih dan Pilah Kerja Sama

0 101

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Memberikan percontohan melalui Embung Pertanian, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono beberkan soal kerja sama.

Menurutnya, untuk menghadapi keterbatasan yang dihadapi dalam pembangunan suatu infrastruktur, seperti Embung Pertanian, terlebih dengan batasan-batasan waktu untuk dapat direalisasikan, maka kerja sama menjadi jalan keluar bagi pemerintah.

“Contoh kita misalnya ingin bangun Embung untuk Pertanian, tapi karena banyaknya keterbatasan meskipun pitis (uang) banyak, seperti batasan waktu untuk merealisasikan, bisa saja kita kerja sama,” ujar Sunggono baru-baru ini usai membuka kegiatan FGD TKKSD di Hotel Mercure Samarinda.

Kerja sama itu, lanjutnya, dapat dilakukan dengan perusahaan dimana Embung akan dicanangkan untuk dibangun.

“Kerja sama ini bersama perusahaan dimana Embung rencana akan dibangun, untuk kemudian dibangunkan pihak ketiga melalui Program CSR,” bebernya.

Dengan pemikiran seperti ini, ia optimis Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar mampu memenuhi target capaian kinerja daerah.

“Kalau OPD berpikir seperti itu maka target capaian kinerja Kepala Daerah sangat mungkin bisa terpenuhi. Dimana saat inipun Kukar sudah banyak berkolaborasi dengan perusahaan,” ungkap Sunggono.

Baca Juga:

Di Kukar, kerja sama melalui CSR, dipaparkannya mulai dari pengentasan kemiskinan, stunting, hingga inflasi.

“Itu kan birokrasi tematik, tapi yang ada di RPJMD, yang didorong untuk dikerjasamakan saya lihat belum banyak,” tuturnya.

Dengan itu, ia mendorong kepada seluruh jajaran Pemerintahan Kukar untuk dapat memilih dan memilah mana kerja sama yang prioritas dan mana yang bisa ditunda.

“Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) dengan tugas dan fungsinya, harus benar-benar cermat memilih dan merancang kerja sama daerah yang siginfikan terhadap pencapaian RPJMD.” tandas Sunggono. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfi Kukar)

Penulis:Lisa

Editor: Lukman

(Visited 96 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!